by

Duh, Bupati Hengky Kurniawan dan KONI KBB Memanas

Bandungkita.id, KBB – Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan, geram dituding tak berpihak pada dunia olahraga usai menganggarkan dana hibah sebesar Rp 500 juta untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Bahkan Hengky menilai KONI KBB belum menjalankan tugas dengan baik sesuai visi misi ketua yakni Agus Mulya Susanto.

Menurut Hengky, dana hibah Rp 500 juta tersebut disediakan untuk mendukung administrasi KONI KBB. Hengky pun sentil pernyataan ketua KONI terkait minimnya keberpihakan Pemkab Bandung Barat bagi dunia olahraga setelah hanya memberikan dana hibah sebesar Rp 500 juta.

Baca Juga:

Pinta Bonus Atlet Porprov Jabar ke Hengki Kurniawan, KONI KBB: Hargai Perjuangan Mereka

KONI KBB Beri Uang ‘Kepret’ Atlet yang Meraih Medali di Ajang Porprov XIV Jabar 2022

Huni Posisi ke-8 Proprov Jabar 2022, KONI KBB Sebut Masih On The Track

“Ya kemarin saya membaca berita ada statement ketua KONI menyampaikan bahwa keperpihakan pemerintah terhadap dunia olahraga di pertanyakan artinya pemerintah tidak mendukungkan begitu. Saya pikir itu pernyataan yang salah ya, pernyataan yang bisa dikatakan ngawur di siang bolong lah,” kata Hengky di Mansion Pine, Kota Baru Parahyangan, Senin (16/1/2023).

Hengky mengaku, memiliki tanggung jawab besar atas dana hibah yang dikucurkan tersebut. Pasalnya, ia tak ingin dana yang digelontorkan tak jelas peruntukkannya, dan meminta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB untuk membuat road map serta Desain Olahraga Baru (DOB).

“Kebijakan anggaran itu mengacu kepada desain olahraga yang sudah kita buat jadi tidak serta-merta gitu minta Rp 10 miliar minta Rp 9 miliar. Kan peruntukkannya harus jelas dan kita harus hati-hati untuk hal itu. Karena begini terkait dengan hibah itu bagi saya di era saya outputnya harus jelas,” beber Hengky.

Hengky menegaskan, Pemkab Bandung Barat nantinya akan menggelontorkan langsung anggaran ke setiap induk cabang olahraga sesuai dengan kebutuhan. Hal itu pun berdasarkan road map serta DOB yang dirancang Dispora KBB.

Baca Juga:

Waduh! KPK Diminta Ambil Alih Kasus Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Hibah KONI KBB

Anggaran Hibah KONI KBB Diduga Jadi Ajang Bancakan dan Bagi-bagi Kue, Putra dan Adik Bupati Ikut Disebut

Woow! Minim Bantuan Pemkab dan KONI KBB, Tim Arung Jeram Asal KBB Ini Raih Juara Dunia di Australia

“Dana hibah untuk olahraga ke depan kita akan berikan langsung pada induk olahraganya. Jujur karena banyak hari ini saya harus sampaikan apa adanya, banyak hari ini yang curhat ke saya tidak menerima uang dan sebagainya. Makanya kita ingin pemberian hibah itu langsung ke induk olahraganya, itu yang kita atur di kemudian hari,” beber Hengky.

Politisi dari PDIP pun juga mempertanyakan terkait visi misi Agus saat mencalonkan diri sebagai Ketua KONI yakni untuk berusaha mandiri dan membuka jaringan dengan pihak swasta. Terlebih Agus, lanjut Hengky, memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan memiliki jaringan yang luas untuk melakukan kerjasama dengan KONI KBB.

“KONI juga harus memiliki sifat mandiri, apalagi kita ketahui bersama nih di ruang publik juga, saya masih inget betul jujur, dan saya sampaikan terima kasih ketika Pak Agus ini memiliki visi misi. Kemudian beliau menyampaikan dengan background saya sebagai pengusaha, saya optimis bisa menggalang dana dari pihak-pihak luar. Visi misi itu lah yang direalisasikan, jangan sekarang dikasih Rp 500 juta udah ramai. Coba tuntaskan visi misi itu, janjinya kepada atlet atlet lain disampaikan, direalisasikan,” ungkapnya.

Video Pilihan:

Sebelumnya, Ketua KONI KBB Agus Mulya Susanto mempertanyakan komitmen Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan untuk mendukung dunia olahraga dan meningkatkan prestasi para atlet jika politik anggaran tak berpihak. Pasalnya, KONI KBB hanya mendapat dana hibah sebesar Rp 500 juta yang dinilai tak akan cukup untuk mengakomodir 52 cabang olahraga.

“Dana Rp5000 juta sagat kecil. Bayangkan kita punya 52 cabang olahraga. Kalau dibagi jumlah itu berapa tiapa cabor. Ada apa dengan Hengky ini, tolong catat sama dia, saya Ketua KONI, maunya apa Hengky ini, sedangkan untuk memajukan olahraga dan memberikan pembinaan kepada atlet ini hanya diberi hibah segitu,” tegas Agus.

Comment