by

Antisipasi Bahaya Listrik Saat Banjir: Yuk Lakukan Langkah Ini

Bandungkita.id, BANDUNG – Musim hujan telah tiba, masyarakat hendaknya makin waspada, terutama pencegahan datangnya musibah banjir. Saat terjadi Banjir, air bisa menghantar aliran arus listrik yang berakibat orang disekitarnya terkena aliran listrik. Akibat paling fatal, mengakibatkan meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi hal itu, saat mendapat air masuk rumah, segera ambil langkah dengan mematikan instalasi listrik. Kemudian cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak. Atau bisa juga memindahkan peralatan listrik ke tempat yang lebih tinggi.

Apabila aliran listrik terkena banjir dan tidak kunjung padam, segera menghubungi PLN dengan nomor kontak 123, atau dapat juga menghubungi instansi terkait untuk penanggulangan bahaya banjir dan arus listrik.

Dengan langkah itu, PLN akan sigap memadamkan semua jaringan listrik sementara. Langkah ini bertujuan untuk keselamatan dan keamanan warga setempat yang terkena musibah banjir. Begitu pula gardu-gardu listrik yang terendam air akan dipadamkan sementara oleh PLN.

Setelah kondisi banjir surut PLN tidak akan langsung menyalakan atau menyambungkan aliran listrik, melainkan melakukan pembersihan dan normalisasi fungsi gardu.

Begitu pula di rumah, baiknya memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering.

Hal lain yang dilakukan PLN dalam penormalan dapat dilakukan setelah semua instalasi dipastikan kering dan akan ada penandatangan berita acara yang disaksikan oleh Ketua RT/RW/tokoh setempat.***(RES)

Comment