oleh

Gara-gara Benda Asing, Esteban Vizcarra Harus Absen 2 Bulan

Bandungkita.id, PERSIB – Gelandang anyar Persib Bandung, Esteban Vizcarra dipastikan harus menepi cukup lama. Setidaknya dengan waktu dua bulan lamanya. Pasalnya, gelandang naturalisasi asal Argentina ini baru saja menjalani operasi akibat mengalami cedera di bagian lutut kaki kanannya.

Dokter Persib, M Rafi Ghani mengatakan, bahwa tindakan operasi itu harus dilakukan karena dari hasil pemeriksaan secara fisik, terdapat benda asing di lutut kaki kanan dari pemain yang sebelumnya membela Sriwijaya FC ini.

“Jadi pada saat terakhir dia tanding lawan Persebaya, keesokan harinya tiba-tiba kakinya membengkak terasa terkunci. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, saya menemukan benda asing di dalam lututnya yang bergerak kesana kemari,” ungkap Rafi di Lapangan Saraga ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (3/4/2019).

Tidak ada cara lain bagi Rafi untuk melakukan tindakan operasi. Sebab benda asing yang ternyata adalah loose bodies itu telah membatasi pergerakan bagian lutut hingga mengakibatkan lutut terkunci.

Baca juga: Umuh Tak Puas Dengan Hasil TC Persib di Batam, Kenapa?

“Untuk mempercepat atau menghilangkan keluhan maka dia melakukan operasi pada Kamis kemarin tanggal 28 Maret di salah satu RS swasta di Bandung. Dan ternyata memang loose bodies diangkat dan multiple karena ada lima yang dianggap benda asing. Yang berupa fragmen tulang dari bekas cedera,” katanya.

Menurut Rafi, loose bodies itu terbentuk karena pada lima tahun silam, Vizcarra pernah mengalami cedera lutut dan dilakukan tindakan artroskopi.

“Jadi kemungkinannya ada bagian tulang yang lepas di bagian cedera lama. Tapi lima tahun tidak ada keluhan tapi kebetulan saat di kita ada keluhan. Jadi dilakukan operasi arstrokopi. Dibikin dua titik di bagian depan dan ada loose bodies yang agak besar jadi harus disayat di bagian belakang,” tuturnya.

Baca juga: Persib Belum Tentu Rekrut Pemain Asal Australia dan Korea Selatan, Kenapa?

Rafi yakin kedepan Vizcarra tak lagi mengalami keluhan. Sehingga bisa tampil maksimal dalam membela Persib Bandung terutama di Liga 1 2019.

“Sekarang juga sudah bisa jalan biasa. Tapi karena ada bekas operasi luka sayat yang harus sembuh dulu selama dua minggu dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga jadi tidak bisa langsung ke lapangan. Tapi kalau lihat seperti ini progresnya bagus,” tegasnya.(JAR/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar