oleh

Masa Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Jabar Gencar Lakukan Patroli di KBB

BandungKita.id, NGAMPRAH – Bawaslu Jabar gencar lakukan patroli pengawasan pemilu demi amankan terjadinya money politic. Selain itu, pihaknya juga  memastikan kesiapan logistik pemilu.

Demikian disampaikan Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenti, saat ditemui di Gudang logistik di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Senin (15/4/2019) malam.

“Kami pastikan kesiapan mulai dari sisi logistik dan juga untuk mendeteksi adanya praktek politik uang serta kampanye diluar jadwal,” ungkap Lolly.

Dia mengatakan, kesiapan logistik wilayah KBB sudah hampir selesai meskipun ada beberapa daerah yang logistiknya datang hari ini.

BACA JUGA:

Maksimalkan Kesehatan Warga Pelosok, Pemprov Jabar Rilis ‘Mpus’

 

APK Masih Bertebaran, Caleg PKS di KBB Ini Cabut Sendiri Baliho dan Poster Bergambar Dirinya

 

“Semuanya logistik harus sudah bergerak ke TPS sehingga besok bisa didistribusikan ke KPPS. Kami harap proses ini bisa terus dijaga dan dipertahankan sampai nanti hari hitung dan rekap,” ujarnya.

Dari beberapa wilayah di KBB, kata Lolly, Cipatat dinilai daerah rawan ketersediaan logistik. Hal tersebut didasarkan pada pemilu sebelumnya di daerah tersebut.

“Kami akan pastikan Cipatat aman sudah terpenuhi atau belum dari soal surat suara dan kota yang tidak bisa digunakan,” tutur Lolly.

Pihaknya mengimbau pada para peserta Pemilu 2019 agar mematuhi aturan yang berlaku. Jika terbukti melakukan pelanggaran, Bawaslu akan menjatuhkan sanksi kepada pelanggar.

“Ini bentuk kewasapadaan, kami harap patroli ini pastikan jangan sampai ada yang masih berkampanye dan juga politik uang isunya ada serangan fajar atau serangan tahajud,” kata Lolly.

Saat ini, lanjut Lolly, Bawaslu sudah mengantongi tiga kasus temuan praktik money politic di tiga kabupaten/kota di Jabar. Kasus terbaru ada di Kota Bandung.

“Pembagian sabun deterjen dengan tanda mencoblos gambar, ada juga yang membagikan uang dalam pecahan Rp100 ribu dan proses ini sedang berjalan. Kami pun hati-hati dan cepat tangani ini,” pungkasnya.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar