by

Seorang Pengawas TPS di Kabupaten Bandung Meninggal Dunia, Diduga Kelelahan Saat Tertibkan APK

BandungKita.id, SOREANG – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) 55 Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Ganjar Fathurahman meninggal dunia.

Ganjar dilarikan ke Rumah Sakit Imanuel pada Selasa (16/4/2019) lalu karena pecah pembuluh darah. Ia diduga kelelahan saat menertibkan alat peraga kampanye.

PTPS memang mempunyai beban kerja yang lumayan berat. Sejak dilantik 23 hari sebelum tahapan pungut hitung, PTPS sudah harus melakukan pengawasan di lapangan seperti mewaspadai adanya politik uang, sampai turut mengawasi kampanye rapat akbar.

BACA JUGA:

Sejumlah Petugas KPPS di Kabupaten Bandung Tumbang Selama Pemilu 2019, Ini Tanggapan Perludem

 

Menangkan Jokowi-Ma’ruf, BPN Tantang Lembaga Survei Beberkan Sumber Pendanaan

 

 

Pada 23 hari sebelm tahapan pungut hitung, PTPS sudah harus melakukan pengawasan di lapangan agar tidak terjadi pelanggaran kampanye.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menyebut penyelenggara yang meninggal pada pemilu kali ini meningkat dibanding pemilu sebelumnya.

“Pemilu serentak kali ini kuantitasnya meroket, dalam artian bertambah banyak, karena ada polisi (yang meninggal), 10 petugas di Jawa Barat, belum lagi ada di beberapa daerah lain,” ujarnya.

Perludem pun memberikan rekomendasi pemilu yang akan datang dipisahkan antara pilpres, pileg DPR RI, dan DPD RI, dan DPRD. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment