oleh

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, H-10 Lebaran Seluruh Perbaikan Jalan Tol Akan Dihentikan

BandungKita.id, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta seluruh pekerjaan perbaikan dan pembangunan jalan baik tol maupun non tol dihentikan pada H-10 Lebaran hingga H+10 Lebaran.

Hal itu dilakukan Agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan serta terhindar dari kemacetan.

“Termasuk pada proyek pembangunan Jalan Tol Layang Cikampek II juga akan dihentikan dan jumlah lajurnya akan difungsikan seperti semula yakni 4 lajur untuk masing-masing arah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada lokasi pekerjaan Jalan Tol Layang Cikampek II, menurut Menteri PUPR, akan dikembalikan 4 lajur dan dibersihkan. Selain itu, untuk antisipasi kemacetan, Kementerian PUPR juga tengah mengkaji dampak dari pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama yang bertujuan memecah arus kendaraan yang ke menuju Tol Cikampek-Palimanan dan yang ke Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan di Tol Cikampek Saat Mudik, Pemerintah Akan Berlakukan Sistem Satu Arah

Tempat Istirahat (TI)/Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Jawa sebanyak 71 unit rest area (55 rest area operasi dan 16 rest area konstruksi) yang ada di setiap jarak 20 Km.

Langkah lain yang bakal diambil guna mengantisipasi kemacetan terutama di jalan tol Cikampek adalah menerapkan sistem satu arah saat mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko usai memimpin rapat koordinasi di kantornya Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat 26 April 2019.

“(Kemacetan) itu sangat mungkin apabila tidak di-manage dari sekarang, akan terjadi kemacetan yang sangat luar biasa. Tapi kita sudah mulai menata saat ini, yaitu akan membuka akses di sebelahnya, one way, tapi tidak seutuhnya,” jelas Moeldoko.

Baca juga:Cerita Tiga Mahasiswa di Bandung Jelang Pesta Demokrasi 2019 : Pilih Mudik Tempuh Ratusan Kilometer Hingga Terpaksa Golput

Sistem satu arah ini, akan terus disosialisasikan ke masyarakat dan pengguna jalan. Hingga nantinya ketika pelaksanaan dilakukan, masyarakat sudah tidak kaget lagi.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, bahwa penggunaan sistem satu arah di Tol Cikampek hanya di jam-jam tertentu. Polanya, adalah sama dengan sistem buka tutup jalan di jalur Puncak Bogor.***(Restu Sauqi)

Komentar