Kenangan Pelukis Garut Destra Yana Pernah Lukis Sketsa Wajah Mendiang Bu Ani Yudhoyono dan Pak SBY

Garut, GarutKita, Terbaru1675 Views

BandungKita.id, GARUT – Mantan ibu Negara (almh) Bu Ani Yudhoyono pernah beberapa kali mengunjungi Kabupaten Garut. Dalam salah satu kesempatan kunjungannya ke Garut, Ibu Negara pernah dilukis sketsa wajahnya oleh pelukis asal Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Destra Yana.

Destra mengaku, bangga pernah bertemu dan membuat sketsa saat mendiang Bu Ani menyempatkan waktu berkunjung ke Garut pada November 2018.

“Ketemunya waktu acara keliling Jawa (Tour de Java). Sempat ketemu (Bu Ani) lalu menggambar keluarganya,” kata Destra kepada BandungKita.id.

Pria kelahiran Garut tahun 1965 itu mengisahkan awal pertemuan dan bisa menggambar sketsa Bu Ani. Ia mengaku pertama kali menggambar sketsa Agus Harimurti Yodhoyono (AHY). Hasilnya kemudian diposting di media sosial Instagram.

Karya seni sketsanya itu, kata Destra, mendapat respon baik dari Ibu Ani dengan memberi “Like” pada Instagram, hingga akhirnya meminta bertemu ketika berkunjung ke Garut.

“Ceritanya itu singkat lewat medsos IG (Instagram), kebetulan saya menggambar putranya AHY, terus di-‘like’. Lalu dari pihak Bu Ani melalui ajudan lewat Whatsapp minta ketemu,” katanya.

Gambar sketsa wajah mendiang Bu Ani Yudhoyono hasil karya seniman asal Garut, Destra Yana (foto:istimewa)

Destra akhirnya mendapatkan kesempatan secara istimewa bisa bertemu dengan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istrinya Ibu Negara Ani di Hotel Santika, Garut.

Selanjutnya Destra menggambar seluruh wajah keluarga SBY termasuk Ibu Negara Ani yang hasilnya mendapatkan penilaian karya seni sketsa yang bagus.

BACA JUGA :

Makam Bu Ani Yudhoyono Berdekatan dengan Mendiang Ainun Habibie

 

Mengharukan! SBY Ingin Cium Bu Ani untuk Terakhir Kalinya

 

PNS dan Masyarakat Garut Doakan Kesembuhan Bu Ani Yudhoyono

 

“Almarhumah bilang bagus, alhamdulillah,” kata Destra.

Destra yang memiliki media sosial Instagram bernama “Sketsaterapi” itu bersama Ibu Ani banyak berbincang tentang karya seni sketsa dan sketsa sebagai terapi atau pengobatan untuk penderita lumpuh.

“Seputar ngebahas sketsa terapi sebagai pengobatan saya pribadi, karena waktu 2014 saya lumpuh dan kemudian membuat sketsa sebagai terapi alhamdulillah sekarang mulai membaik,” katanya.

Ia mengungkapkan, sosok Bu Ani merupakan orang hebat. Selain sebagai ibu negara yang lembut dan kuat mendampingi sang suami, menurut dia, Bu Ani memiliki perhatian yang lebih terhadap seni.

“Menurut saya Bu Ani orang bijaksana, motivator,” katanya.

Selain Ibu Ani, kata Destra, karya seninya juga mendapatkan penilaian baik dari Presiden Indonesia keenam SBY bahkan menganggap sketsanya layak mendunia.

“Dari Pak SBY ada semacam statement bahwa hasil sketsa ini layak mendunia,” ujar Destra sambil tersenyum. (M Nur el Badhi/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment