oleh

Volume Sampah di Kota Bandung Naik Saat Libur Lebaran, PD Kebersihan Tunjuk PKL Sebagai Penyebab

BandungKita.id, BANDUNG – Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana Hadimin mengatakan pedagang kaki lima (PKL) masih menjadi sebab tingginya produksi sampah di Kota Bandung, khususnya di musim-musim tertentu seperti libur lebaran.

Deni mengatakan, sejumlah PKL yang berjualan di titik keramaian kerap meninggalkan sampah tanpa melakukan inisiatif untuk kembali membersihkan.

“Tahun ini (sampah) bisa terkendali, cuma sedikit masalah di PKL saja, PKL banyak meninggalkan sampah,” kata Deni saat dihubungi Bandungkita.id Rabu (12/6/2019).

Baca juga:

Volume Sampah di TPA Sarimukti Diprediksi Meningkat di H-7 Hingga H+7 Lebaran

 

Dedi mengatakan secara umum lonjakan sampah pada libur lebaran di Kota Bandung mencapai 30 persen, namun hanya terjadi di beberapa titik saja, seperti kawasan wisata dan pusat perbelanjaan. Diantarnya kawasan Cibaduyut, Alun-alun, Jalan Asia Afrika, Taman Ujungberung, serta Kebun Binatang.

“Mengatasi hal itu, kami menurunkan 1.306 petugas dan 88 truk serta 54 mobil kebersihan. Kami tidak menambah jumlah personel, tapi memang jam kerja ditambah, yang shift pagi masuk lagi shift malam, jadi jam operasional menjadi 3 shift,” katanya.

Sementara itu disinggung terkait kepatuhan beberapa pengelola pusat perbelanjaan dan pusat wisata, Deni mengatakan pihaknya sudah memberikan surat edaran dan dinilai cukup optimal untuk menjaga disiplin kebersihan.

“Ada imbauan ke beberapa pengelola wisata, Alhamdulillah penanganan sampah terkendali dan sudah normal kembali. Secara umum rata-rata per hari ada 1.600 ton sampah di kota Bandung dan naik 30 persen saat lebaran, tapi hanya di beberapa titik saja,” ujar Deni.

Baca juga:

Jalur Alternatif ke TPA Pasirbajing Segera Rampung, Tumpukan Sampah Mulai Berkurang

 

Pihaknya mengimbau Kepada seluruh masyarakat baik yang masih berlibur di kota Bandung maupun pengelola wisata agar tetap mematuhi aturan terkait kebersihan yang sudah ditetapkan.

“Mohon untuk membuang sampah pada tempatnya. Bagi yang berkendara, siapkan tong sampah di mobil,” kata Deni.

Sementara itu, saat dihubungi terkait langkah penertiban PKL di musim libur lebaran, hingga berita ini di turunkan, PLT kepala satuan polisi pamong praja kota Bandung Tantan Surya Santana masih belum memberikan konfirmasi.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Restu Sauqi

 

Komentar