Muhammad Rafka Pebian, Balita Penderita Tumor Asal Gununghalu KBB yang Membutuhkan Uluran Tangan

KBB686 Views

Bandungkita.id, NGAMPRAH – Seorang balita bernama Muhammad Rafka Pebian (2), asal Kampung Tangkil, Desa Sukasari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menderita tumor di bagian mata. Saat ini, bayi Rafka tersebut membutuhkan uluran tangan untuk operasi penyembuhan penyakitnya.

Anak pertama dari pasangan suami istri, Ai Handayani dan Rio Febriansyah itu terdeteksi mengidap gejala tumor sejak satu bulan lalu. Kedua orang tuanya hanya mengira Rafka menderita sakit mata biasa.

Namun, dugaan itu salah, ternyata benjolan di mata Rafka saban hari kian membesar hingga menyerupai bola pingpong.

“Awalnya kami kira sakit mata biasa, namun lama-lama semakin membesar. Pas kita periksa ke Rumah Sakit Cicendo, ini gejala tumor,” kata Bibi sang bayi, Neng Sindi, Senin (15/7/2019).

Baca juga:

Saira, Bayi Penderita Hidrosefalus Kini Selesai Menjalani Operasi di RSHS

 

Menurutnya, pihak keluarga telah melakukan pengobatan ke beberapa rumah sakit seperti, Rumah Sakit Cibabat, Rumah Sakit Cicendo, Rumah Sakit Hasan Sadikin dan Rumah Sakit Salamun. Namun belum membuahkan hasil.

Pasalnya, penanganan yang dilakukan terhadap Rafka hanya bisa sebatas obat pil dan kemoterapi. Sementara langkah operasi tidak dilakukan, karena pihak keluarga terbatas pada sisi materi.

“Kami ingin Dede Rafka segera dioperasi. Tapi kami kesulitan dana,” jelasnya.

Baca juga:

Ikah dan Cerita Kampung Cisirung yang Bergetar

Supaya Rafka bisa sembuh kembali, pihak keluarga tak patah arang. Meraka melakukan upaya dengan membuka donasi bagi siapa saja yang ingin membantu biaya pengobatan dan operasi.

“Keluarga dan sejumlah warga Kampung Tangkil berkeliling di Desa Sukasari untuk meminta donasi untuk Dede Rafka. Alhamdulillah sekarang sudah terkumpul dan bisa melakuakan kemoterapi,” pungkasnya.***(Restu Sauqi)

Comment