by

Mengenal Nollywood, Raksasa Industri Film Nigeria Yang Kalahkan Hollywood

BandungKita.id, FILM – Nollywood merupakan industri perfilman yang terletak di salah satu negara di benua Afrika, yakni Nigeria. Sebagian besar film produksi Nollywood bergenre drama dan komedi.

Akan tetapi, saat ini mereka tengah menggali kemampuannya untuk memproduksi film-film bergenre horror, sejarah, romance, maupun musikal.

Di samping itu, Nollywood memiliki anak-anak industri yang memproduksi film-film berdasarkan keragamaan etnis dan budaya di Nigeria, serta yang berkaitan dengan kepercayaan mereka.

BACA JUGA :

Film “Si Manis Jembatan Ancol” Dibuat Baru, Ini Pemeran Utamanya

 

Ghana juga menjadi bagian dari industri perfilman Nollywood, karena biasanya film-film yang diproduksi Ghana turut didukung oleh Nigeria.

Nollywood mampu memproduksi 50 film per minggunya. Dalam kata lain, industri film Nigeria ini mampu memproduksi lebih dari 1.200 film dalam setahun. Bahkan angka ini mengalahkan jumlah film yang mampu diproduksi Hollywood.

 

“Lion Heart” sebuah film produksi Nolllywood yang dikontrak Netflix. (foto : istimewa).

 

Nollywood pun ditempatkan sebagai produsen film terbesar kedua di berbagai negara setelah Bollywood. Namun uniknya, Nollywood juga menyebarkan karya-karyanya lewat internet, sehingga orang-orang dari berbagai negara bisa mengakses karya film Nigeria.

Dengan banyaknya film yang mampu diproduksi Nollywood, industri ini menyumbang jasa besar kepada pendapatan Nigeria. Sebesar US$600 juta mampu dihasilkan Nollywood. Industri film ini juga mampu menyedot sekitar 1 juta orang menjadi tenaga kerjanya.

BACA JUGA :

5 Film Ini Ajarkan Kita Tidak Mudah Tertipu dengan Kebaikan

 

Walau mampu melakukan produksi dalam jumlah besar, film-film yang diproduksi belum mampu meraup keuntungan dalam partai besar. Jika film-film blockbuster Hollywood mampu menyedot ratusan juta bahkan miliaran dolar AS, Nollywood hanya berkisar di ribuan atau ratusan ribu dolar AS.

Meski begitu, industri film Nigeria ini masih terus berkembang. Insan-insan dalam industri ini juga mengharapkan Nollywood mampu menyaingi Hollywood, bukan hanya kuantitas, tapi juga kualitas. ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

 

Dari berbagai sumber

Comment