oleh

Disperindag KBB Bantah Paket Pekerjaan Diperjual Belikan

BandungKita.id, NGAMPRAH – Beredarnya diduga sebuah album gambar (paket pekerjaan) yang berisi desain Perencanaan Rehabilitasi Pasar Curug Agung di media sosial whatsapp ditanggapi Staf Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rika Umbara.

Menurut Rika, album gambar yang tersebar di media sosial whatsapp itu bukanlah album gambar yang tengah dibahas Disperindag. Terlebih kata dia, tidak ada pejabat di Disperindag KBB yang berkeinginan menjualbelikan paket pekerjaan itu.

“Tidak benar dugaan-dugaan (menjualbelikan) seperti itu. Toh itu (paket pekerjaannya) belum selesai dibahas,” kata Rika saat ditemui BandungKita.id, di ruang kerjanya, Senin (14/10/2019).

 

BACA JUGA :

Anak Buah Diduga Jual Beli Proyek, Kadisperindag KBB: Saya Tidak Tahu dan Belum Ada Rencana Revitalisasi Pasar Curug Agung

 

 

Rika sendiri mengaku heran kenapa dokumen paket pekerjaan yang belum selesai dibahas itu bisa beredar masif di media sosial whatsapp. Terutama beredar di kalangan pihak ketiga. Lebih parahnya, dokumen tersebut malah disebut-sebut telah diklaim untuk ditawarkan kepada pihak ketiga.

“Aneh, masa iya dokumen belum beres pembahasannya sudah ditawarkan. Ini, kan, namanya ngawur, mengada-ada. Dasarnya dari mana ? Orang masih kami bahas dan banyak revisi. Harga per satuannya (HPS) juga belum benar,” kata dia.

Rika menduga ada seseorang yang memang iri dengan adanya program Perencanaan Rehabilitasi Pasar Curug Agung. Dimana, kata dia, seseorang yang mungkin berkeinginan mendapat paket pekerjaan itu. Namun peluangnya sangat kecil.

Menurut Rika, sebetulnya pembahasan mengenai paket pekerjaan itu dilakukan secara profesional dan mengusung azas transparansi. Sehingga ke depan, tidak ada lagi dugaan-dugaan maupun tudingan pejabat di lingkungan Disperindag KBB melakukan hal-hal yang menyalahi aturan.

 

Dokumen album gambar yang diduga berisi desain Perencanaan Rehabilitasi Pasar Curug Agung. (screenshoot whatsapp)

 

“Kami lakukan pembahasan secara profesioanal. Jadi saya tegaskan di sini, bahwa apa yang saat ini tersebar (dokumen berikut dugaan-dugaannya) salah semua. Lebih baik tabayun ke kami. Menanyakan dulu apakah itu benar atau tidak. Kan lebih enak. Toh kami juga akan terbuka,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, beredar diduga sebuah album gambar yang berisi desain Perencanaan Rehabilitasi Pasar Curug Agung di media sosial whatsapp. Album gambar itu berbentuk format .PDF dengan jumlah 18 lembar desain. Album gambar tersebut diduga sebuah dokumen milik Pemkab Bandung Barat.

Album gambar tersebut disinyalir diperjualbelikan oleh oknum pejabat di salah satu bidang perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat. Dari penulusuran BandungKita.id, banyak pihak yang telah memegang dokumen tersebut. Dugaan sementara, dokumen tersebut sudah ditawarkan oleh oknum pejabat ke beberapa pihak ketiga.

“Saya sudah menerima dokumen itu. Mirip seperti yang kalian lihatkan ke saya,” ujar seorang sumber BandungKita.id yang tak ingin disebut namanya, Jumat (11/10/2019).

 

BACA JUGA :

Disperindag KBB Gencar Sertifikasi Halal Untuk IKM

 

 

Sumber tersebut mengaku mendapat dokumen tersebut dari beberapa pihak yang sebelumnya menawarkan juga dokumen tersebut ke pihak lain. Kendati demikian, dokumen tersebut sudah ramai berlalu lalang dan menjadi pembicaraan di beberapa grup aplikasi whatsapp.

“Anehnya, dokumen paket pekerjaan ini sudah ramai ditangan pihak ketiga. Padahal paket pekerjaan ini belum jelas status di Lelang Pekerjaan Sistem Elektronik (LPSE). HPS-nya pun belum dibuat,” kata dia.

Sementara itu setelah BandungKita.id melakukan penelusuran, dokumen paket pekerjaan itu ternyata belum tayang di Unit Lelang Pekerjaan (ULP) secara online.(R Wisnu Saputra/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar