oleh

Polres Bandung Menunda Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2019, Ini Penyebabnya

BandungKita.id, SOREANG – Polres Bandung menunda pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya (OPL) 2019. Penundaan tersebut disebabkan adanya pelaksanaan Pilkades Serentak 2019. Oleh karena itu, Polres Bandung baru bisa melaksanakan OPL 2019 pada Selasa (28/10/2019).

“Pelaksanaannya Operasi Zebra mundur jadi tanggal 28 Oktober. Kemarin karena ada Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung,” kata Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan melalui Kasatlantas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama seusai melaksanakan gelar pasukan di Mapolres Bandung.

Menurut Hasby, sedikitnya 360 personel akan diterjunkan dalam operasi itu di wilayah Kabupaten Bandung. Dalam OPL 2019 kali ini, Hasby mengatakan ada beberapa pelanggaran lalu lintas yang akan jadi fokus penindakan.

 

BACA JUGA :

Inilah 7 Tips Ampuh Hindari Tilang. Hanya Butuh Kemauan dan Sedikit Keyakinan!

 

 

Pelanggaran lalu lintas tersebut yaitu pengendara tidak membawa kelengkapan surat kendaraan, tidak membawa SIM, pengendara di bawah umur, kendaraan yang melebihi muatan, melawan arus lalu lintas, dan pengendara sepeda motor yang tidak memakai pelindung kepala alias helm.

“Yang utama adalah pengendara yang melawan arus. Kasus ini banyak sekali terjadi di sekitar PT Kahatex Rancaekek dan di wilayah Cileunyi,” kata dia.

Menurut Hasby, tindakan pengendara yang melawan arus sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, Hasby meminta kepada pengendara kendaraan bermotor agar lebih peduli dan sadar untuk tertib berlalu lintas.

Selain itu, kata dia, Polres Bandung juga akan melakukan ramp check terhadap bus-bus yang akan bertolak ke arah puncak. Ramp check itu dilakukan untuk melihat kondisi bus laik jalan atau tidak. Pasalnya, jalan menuju ke puncak memiliki kontur yang naik turun dengan beberapa tikungan tajam. Tentu saja bus yang mengarah ke arah puncak harus laik jalan.

“Bus yang tidak laik jalan tidak akan kami perbolehkan mengarah ke puncak. Karena tentu saja sangat berbahaya. Membahayakan penumpang dan pengguna jalan lain,” katanya.

 

BACA JUGA :

Hari Ke-2 Operasi Zebra Lodaya 2019, Polda Jabar Catat 9.731 Pelanggaran

 

 

Selain penindakan secara langsung di lapangan saat operasi secara stasiuner maupun kasat mata, Polres Bandung juga melakukan tindakan preventif. Dimana, kata dia, Polres Bandung akan berkunjung ke sejumlah sekolah di Kabupaten Bandung untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan helm.

“Tidak hanya sekolah, kami juga akan menyasar beberapa tempat berkumpulnya masyarakat untuk mensosialisasikan penggunaan helm,” ucap Hasby.

Hasby mengimbau agar masyarakat Kabupaten Bandung dan juga masyarakat lain yang melintas wilayah Kabupaten Bandung untuk lebih mawas diri dalam berkendara. Pasalnya, kecelakaan tidak akan pernah terjadi jika pengendara kendaraan bermotor bisa tertib berlalu lintas.(R Wisnu Saputra/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar