oleh

Memprihatinkan, Anak Usia 10 Tahun di Kota Bandung Sudah Merokok

BandungKita.id, BANDUNG – Kebiasaan merokok kini mulai merambah berbagai usia, tak terkecuali anak-anak. Kondisi itu juga terjadi salah satunya di Kota Bandung.

Berdasarkan survei, seorang anak berusia 10 tahun di Kota Bandung sudah menjadi perokok. Hal ini cukup jadi keprihatinan bagi Pemerintah Kota Bandung.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana. Dia mengatakan untuk menanggulanginya perlu dilakukan sosialisasi soal dampak rokok, baik bagi perokok itu sendiri maupun lingkungan disekitarnya.

 

BACA JUGA :

Berhenti Merokok Selamanya? Ini Tips Jitunya

 

 

“Jadi pemahaman bahaya rokok harus terlebih dulu ditanamkan pada lingkungan keluarga. Jika berdasarkan survei, anak-anak usia sepuluh tahun di Kota Bandung sudah merokok, berarti di usia 20 tahun dia sudah 5 tahun lebih jadi perokok,” kata Yana usai menghadiri deklarasi generasi sehat tanpa asap rokok, di Kantor Bio Farma, Jumat (1/11/2019).

Pihaknya juga meminta, agar sekolah bisa berupaya mengatasi persoalan ini. Yana ingin agar sekolah dari tingkat dasar hingga menengah atas bisa melakukan pendampingan.

“Harus ditegakan sanksi sosial ini demi generasi kita yang sehat, Indonesia sehat Indoensia unggul maka SDM-nya juga harus unggul, kuncinya sehat sehat,” ujar Yana. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar