oleh

Ketua DPRD KBB Minta Aturan Cadar Harus Melalui Kajian dan Pertimbangan Mendalam

BandungKita.id, NGAMPRAH – Wacana penggunaan nikab (penutup wajah) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilontarkan Menteri Agama (Menag) RI, Fahrul Rozi menuai pro dan kontra. Terlebih jika peraturan tersebut diterapkan pada warga sipil biasa.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD KBB, Rismanto mengatakan, aturan bisa diterapkan selama peraturan tersebut sudah melalui berbagai kajian dan pertimbangan.

“Bisa saja diterapkan selama tidak keluar dari konteks bahwa aturan itu hanya untuk ASN,” katanya, Rabu (6/11/2019).

 

BACA JUGA :

ASN Dilarang Pakai Cadar dan Celana Cingkrang, MUI: Menteri Agama Jangan Bikin Gaduh

 

 

Jika pihak Kementerian Agama (Kemenag) memandang itu perlu, pemerintah pun harus menghargai pilihan seseorang dalam berbusana.

“Sebagai kebijakan, kita harus menghargai itu tapi dengan catatan hanya berlaku untuk internal saja,” katanya.

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi telah meminta maaf bila beberapa pernyataan yang terlontar darinya menjadi polemik.

 

Ilustrasi ASN Berxadar. (net)

 

Dia mengatakan mengeluarkan pernyataan tersebut agar menjadi gaung sebelum peraturan dikeluarkan ataupun agar masyarakat ingat peraturan-peraturan yang ada.

Dia memberi contoh soal larangan menggunakan cadar di lingkungan instansi pemerintahan. Demikian juga sorotan dia tentang celana cingkrang atau celana gantung. Wacana tersebut dilontarkan karena PNS memang memiliki aturan berpakaian.

 

BACA JUGA :

Viral Fenomena “Cross-Hijaber” Pria yang Suka Berpakaian Syar’i Seperti Wanita, MUI: Haram dan Laknat!

 

 

Rismanto menambahkan, semua pihak harus bijak dalam menilai penampilan seseorang. Jangan sampai tidak memberikan ruang yang luas untuk mereka.

“Kita harus bersama menghargai pilihan seseorang dalam berbusana, sejauh itu sesuai dengan aturan yang diyakini benar,” katanya.

Disinggung terkait masih beredarnya lelaki yang berpakaian wanita dan menggunakan cadar (cross hijaber), Rismanto menegaskan, pihaknya mendukung sepenuhnya pihak berwenang dalam mengungkap kasus tersebut.

“Saya dukung agar ditindak tegas,”pungkasnya.***(Restu Sauqi/BandungKita.id)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar