oleh

Woow! Dinas Kesehatan KBB Raih Penghargaan Gubernur Jabar

BandungKita.id, KBB – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meraih penghargaan Gubernur Jawa Barat sebagai kabupaten dengan penambahan desa Open Defecation Free (ODF) terbanyak 2019 di Jawa Barat.

Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan diserahkan kepada Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan pada acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Lapang Gasibu Bandung, Selasa (12/11/2019).

Sebagai informasi, ODF adalah gerakan desa yang terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan. Di KBB sendiri, saat ini sudah 134 desa yang dinyatakan ODF dan menjadi yang tertinggi di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Bandung Barat menerima penghargaan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil di bidang kesehatan sebagai kabupaten dengan penambahan desa ODF terbanyak Tahun 2019,” ujar Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan, Rabu (13/11/2019).

Dijelaskan Hengky, Open Defecation Free atau ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, kata dia, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

BACA JUGA :

Angka Pengangguran Tinggi, Ini 4 Program yang Digulirkan Disnakertrans KBB : Ada Magang ke Jepang Lho!

 

 

 

Berkat Hengky Kurniawan, Anak Muda KBB Rilis Start Up KBB Go : Ini Berbagai Kelebihannya

 

 

Sementara itu, Kadinkes KBB Hernawan mengatakan beberapa tahun lalu memang masih banyak masyarakat KBB yang masih buang air besar sembarangan. Namun, seiring berjalannya waktu tingkat kesadaran masyarakat pun semakin tinggi, sehingga kasus buang air besar sembarangan terus berkurang setiap tahunnya.

Hal tersebut, kata Hernawan, terjadi berkat kerja keras para kepala desa dan seluruh stakeholder terkait dalam memberikan penyuluhan dan pengarahan kepada masyarakatnya agar tidak lagi buang air besar sembarangan. Selain itu, pembangunan sanitasi komunal juga berjalan baik.

“Kebaradaan MCK di setiap kampung semakin banyak. Ini berdampak pada terus menurunnya kasus buang air besar sembarangan. Alhamdulillah berkat kerja keras kita dalam bidang sanitasi total berbasis masyarakat ini, kita sekarang menikmati hasilnya. Masyarakat juga lebih sehat dan terhindar dari penyakit,” tutur Hernawan.

Dari data Dinas Kesehatan KBB, hampir 80 persen desa di KBB sudah ODF dan merupakan tertinggi di Jawa Barat. “Jika dibanding daerah lain di Jawa Barat, kita masih lebih unggul karena capaiannya hampir menyentuh 80 persen. Sedangkan kab/kota yang lain rata-rata masih diangka 40 persenan,” ujarnya.

Ia memandang keberhasilan tersebut sebagai sebuah prestasi baik dan membanggakan. Ia pun berharap seluruh desa bisa mencapai ODF dan membuat KBB semakin bersih dan sehat. Pasalnya, keberhasilan desa ODF merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar