by

Tokoh Pendiri Kabupaten Bandung Barat H Endang Anwar Meninggal Dunia, Ini Profil Singkat Almarhum

BandungKita.id, KBB – Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah berduka. Pasalnya, salah seorang tokoh pendiri KBB, H Endang Anwar meninggal dunia pada Rabu (22/1/2020) pukul 02.00 dini hari.

H Endang Anwar meninggal dunia setelah cukup lama menderita sakit dan dirawat secara intensif di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK) Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, H Endang Anwar. Seorang pejuang, perintis, pendiri Kabupaten Bandung Barat. Mohon do’a agar beliau meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin,” tulis pesan whatsapp yang beredari di sejumlah grup WhatsApp warga KBB, Rabu (22/1/2020).

BACA JUGA :

Waduh! Telusuri Dugaan Korupsi Penyaluran Hibah dan Bansos di KBB, Polda Jabar Sambangi DPKD KBB

Woow! Hengky Kurniawan Makin “Mesra” dengan Mantan Istri Alm Abubakar, Siap-siap Nyalon?

Polda Jabar Telusuri Dugaan Korupsi Dana Hibah dan Bansos Bupati KBB Aa Umbara Senilai Ratusan Miliar?

Almarhum akan disalatkan di Masjid Agung Ash-Siddiq di Kompleks Pemkab Bandung Barat. Selanjutnya jenazah almarhum akan dimakamkan di Kampung Loji, Desa Cipada, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Almarhum H Endang Anwar, tokoh pendiri KBB hendak disalatkan di Masjid Ash-Siddiq, Kompleks Pemkab Bandung Barat, Rabu (22/1/2020). (foto:istimewa)

H Endang Anwar dikenal sebagai salah seorang tokoh pendiri Bandung Barat. Semasa hidupnya, ia getol menyuarakan agar Kabupaten Bandung Barat berdiri sendiri menjadi daerah otonom dan berpisah dari Kabupaten Bandung.

Berkat jasa dan kegigihannya bersama para tokoh lainnya, akhirnya Kabupaten Bandung Barat disetujui oleh pemerintah pusat untuk memisahkan diri dari Kabupaten Bandung, sebagai kabupaten induk pada 12 tahun silam.

Kini KBB telah benar-benar menjadi daerah otonom yang berdiri sendiri. Setelah mekar, KBB dipimpin oleh (alm) Bupati H Abubakar selama dua periode. Pada periode pertama, Abubakar berpasangan dengan Ernawan Natasaputra. Sedangkan pada periode berikutnya, Abubakar berpasangan dengan Yayat T Soemitra.

Saat ini Bandung Barat memasuki fase kedua dalam kepemimpinan yang berbeda. Bupati KBB saat ini adalah Aa Umbara Sutisna yang berpasangan dengan Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan.

Semoga jasa dan perjuangan almarhum mendapat limpahan pahala dari Allah SWT. Tak hanya itu, semoga cita-cita H Endang Anwar mewujudkan masyarakat Bandung Barat yang sejahtera pun dapat terwujud. Aamiin. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment