by

Innalillahi! Gus Solah Tutup Usia, Akan Dimakamkan di Samping Gus Dur

BandungKita.id, NASIONAL – Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari Pondok Pesatren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Solah tutup usia pada hari Ahad atau Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 20.55 WIB.

Adik kandung dari mantan presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu, sebelumnya mengalami kondisi detak jantung yang tidak beraturan. Ia kemudian dirawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Menurut anak lelaki Gus Solah, Irfan Wahid, ayahnya harus menjalani operasi ablasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia. Hal itu terjadi pada dua pekan lalu.

Kabar duka disampaikan langsung oleh Irfan, melalui laman Twitter pribadinya.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi…wa’fuanhu,” tulisnya.

Selanjutnya, senazah Gus Solah akan dikebumikan di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, atau persisnya di samping makam mantan Presiden, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Yang kosong di sekitar situ, kelihatannya di samping Gus Dur,” kata Anak Gus Solah, Irfan Wahid atau Gus Ipang.

BACA JUGA :

Innalillahi, Pendiri MER-C dan Pendiri RS Indonesia di Gaza Palestina Tutup Usia

Bacharuddin Jusuf Habibie Tutup Usia

Kabar Duka : Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Tutup Usia

Ipang menuturkan, rencananya pukul 09.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. “Jadi dari Halim sekitar jam 10 diperkirakan mendarat di Surabaya Juanda jam 11.30 WIB,” tuturnya.

Kemudian, dari Surabaya akan dibawa ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, dan diperkirakan sampai di lokasi itu jam 14.00 WIB. Dari situ disemayamkan di masjid untuk kemudian di makamkan jam 4 sore.

“Jadi kami memutuskan untuk satu pesawat saja yang CN kita enggak pakai, karena kapasitasnya cuma 20 penumpang. Jadi satu pesawat pakai Lion,” katanya.

Nantinya, pesawat itu akan diisi oleh pihak keluarga Gus Solah itu sendiri. Tercatat, pada malam ini sudah ada 80 hingga 90 orang yang akan ikut menaiki pesawat tersebut. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : vivanews

Comment