by

Longsor Kembali Terjadi di Tambang Karst Citatah KBB, Lokasi Tambang Langsung Dipolice Line

BandungKita.id, KBB – Longsor kembali terjadi setelah sebelumnya terjadi beberapa waktu yang lalu di area tambang Karst Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Longsor kali ini terjadi di area aktivitas penambangan di sekitar Karst Citatah di Kampung Balekambang RT 03/10, Desa Cirawa, Kecamatan Cipatat, Minggu (10/5/2020).

Tebing yang longsor memiliki ketinggian sekitar setinggi 100 meter. Longsoran tanah dan bebatuan mengakibatkan tiga kendaraan operasional tambang mengalami kerusakan berat. 

Baca Juga:

Bantu Warga Miskin Terdampak Covid-19, Gerakan Sabandung Bagikan 30 Ribuan Paket Nasi Kotak Setiap Pekannya

Perketat Perbatasan, Gugus Tugas Kota Bandung Tambah Titik Cek Poin : Ini Lokasinya

14 Pejabat KBB Lolos Seleksi Administrasi Calon Kepala Dinas, Ini Daftar Namanya

Kepala Dinas Lingkungan hidup KBB, Apung Hadiat Purwoko, membenarkan peristiwa longsor tersebut. Menurut Apung, tiga unit mobil dumtruk, satu ekskavator serta satu unit motor rusak berat terseret material longsoran.

“Benar, longsor terjadi sekitar pukul 11 siang tadi (Minggu 10/05/2020),” kata Apung melalui pesan WhatsApp.

Apung menjelaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polsek Cipatat untuk selanjutnya menjadi laporan rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat.

“Besok kami akan turun ke lapangan, didampingi Kabid dan Kasi. Saat ini segera dipasangi police line, agar kegiatan untuk sementara dihentikan,” ungkap Apung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB, Apung Hadiat Purwoko. (istimewa)

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya longsor. Namun menurut keterangan warga, Mulyadi, warga sekitar penambangan, sebelum kejadian longsor terjadi, terdengar suara dentuman di area penambangan.

“Ada ledakan seperti dentuman keras, sekitar jam 11 siang lah persis,” terang Mulyadi.

Tonton Juga:

PENOLAKAN WARGA PADALARANG TERHADAP PERLUASAN PT MMA 

Terpisah, Bambang Rianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, mengaku juga telah mengetahui longsor yang terjadi di area Karst Citatah tersebut. Namun menurutnya, Dinas ESDM Provinsi yang lebih berwenang menjawab.

“Oh harusnya ke Kadis ESDM itu mah, Kadis ESDM sudah turun tangan,” jawabnya lewat pesan WhatsApp Minggu 10/05/2020.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, menegaskan jajarannya telah terjun ke lapangan, dan akan berkordinasi bersama DLH KBB dan Polsek Cipatat.

“Kami sudah cek ke lapangan Kang, dan di lokasi saat ini diberikan Police line agar kegiatan dihentikan terlebih dahulu. Saat ini telah ditangani juga pihak Polsek Cipatat ,”ujar Duddy.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo. (istimewa)

(Dona.Hermawan?Bandungkita.id)

Editor: Dhomz

Comment