by

Resmikan Bantuan Program P3TGAI di Kabupaten Bandung, Iis Edhy Prabowo: Semoga Panen Terus Meningkat!

BandungKita.id, SOREANG – Bantuan Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) diresmikan Anggota Komisi V DPR RI Iis Edhy Prabowo pada Minggu 19 Juli 2020 di Desa Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Program ini adalah hasil kerja sama dengan Kementerian PUPR.

Selain mendapatkan bantuan, masyarakat juga meraup penghasilan dari pekerjaan pembangunan irigasi tersebut. Pasalnya, Program P3TGAI yang disalurkan Iis merupakan bantuan pembangunan irigasi tersier yang bersifat padat karya, yakni dikerjakan langsung masyarakat setempat.

Di sela-sela acara peresmian tersebut, Iis Edhy Prabowo mengingatkan agar masyarakat turut menjaga saluran irigasi yang telah dibangun di Kabupaten Bandung tersebut.

“Agar manfaatnya terasa terus menerus, mari kita sama-sama menjaga saluran irigasi yang telah dibangun dari Program P3TGAI ini, sehingga sawah yang teraliri menjadi semakin subur dan panen lebih meningkat,” kata Legislator Dapil Jabar 2 itu seperti dikutip BandungKita.id dari Liputan 6.

BACA JUGA :

Pertama di Indonesia, BMKG Pasang Sensor Seismograph di Pasir Jambu Kabupaten Bandung

Ribuan Petani di Kutawaringin Kabupaten Bandung Khawatir Terjadi Longsor, Penyebabnya Peninggalan Belanda Ini

4.000 Hektare Sawah Tidak Teraliri Akibat Irigasi Cihelang Tak Terawat

Turut hadir pula, Perwakilan Anak Cabang (PAC) dan ranting Partai Gerindra, serta tokoh masyarakat, perangkat desa dan kelompok P3A Desa Cibodas, Kabupaten Bandung pada kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini.

Selepas acara itu, Iis Edhy Prabowo langsung berkunjung ke lokasi pembangunan irigasi untuk menandatangani prasasti program P3TGAI bantuannya ini. Iis sekaligus mengecek kondisinya, dengan didampingi Kepala Desa dan juga Kelompok P3A setempat.

Kepala Desa Cibodas mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan ke desanya itu. Hal itu ungkapkan ketika meninjau lokasi irigasi bersama Politisi Partai Gerindra tersebut. Menurutnya, program ini sangat bermanfaat dan memberi dampak positif yang sangat luas terutama untuk persawahan di desa Cibodas.

“Dengan adanya bantuan irigasi ini, ratusan hektare sawah menjadi teraliri dan panen bisa 2 kali lipat dari biasanya dalam setahun. Saya sangat berterimakasih kepada ibu Iis Edhy Prabowo atas bantuan program P3TGAI ini,” ungkap Kades Cibodas.

Iis Edhy Prabowo sendiri diketahui telah menyalurkan banyak program di Dapilnya, yaitu Jabar 2 (Kab. Bandung dan Bandung Barat) senilai Rp 51 miliar, yang terdiri dari puluhan lokasi bantuan P3TGAI, PISEW, KOTAKU, dan 1000 unit BSPS. Untuk bantuan P3TGAI sendiri nilai per titiknya adalah Rp 195 juta. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment