by

DPC HPI KBB Dibentuk, Rian Firmansyah Janjikan ini di Parlemen

BandungKita.id, KBB – Pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) masa bakti 2020-2025 di Ball Room Noevenna Hotel, Jalan Raya Lembang No.2 KBB, Selasa (03/11/2020) berjalan lancar.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC HPI Jawa Barat Toto Sugiarto dan berlangsung mulai dari Pukul 08.30 WIB hingga 13.00 WIB. Turut hadir dalam acara ini yaitu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Sri Dustirawati.

DPC HPI KBB dipimpin oleh Chaca Aura Aryana, ia mengatakan bahwa pelantikan pengurus DPC HPI KBB adalah salah satu langkah maju bagi pariwisata KBB. Sebab, HPI didirikan sebagai wadah himpunan pemandu wisata yang merupakan ujung tombak pariwisata.

Kemudian ia menjelaskan bahwa pramuwisata atau pemandu wisata adalah bagian strategis dari pengembangan pariwisata sebab pramuwisata berhubungan langsung dengan wisatawan untuk memberikan informasi tentang kekayaan alam dan budaya daerah.

BACA JUGA :

Yuk Traveling! ke Desa Mukapayung Cililin, Menikmati Wisata Curugan Gunung Putri

Bupati KBB Tekankan Pengusaha Tak Lagi Fokus Bangun Obyek Wisata di Lembang, Ini Alasannya

Ini Dia 5 Tempat Wisata Keren di KBB Rekomendasi BandungKita.id

Karena itu, Chaca berharap ketua dan anggota DPC HPI KBB yang telah dilantik bersinergi dan membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi pariwisata setempat. Ia berharap pula kepada Pemda KBB agar memberikan dukungan terhadap pengurus DPC HPI yang telah terbentuk dalam menjalankan tugas sebagai pramuwisata.

“Kami pun berharap pemerintah daerah melakukan berbagai pelatihan kepemanduan wisata bagi DPC HPI setempat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu melibatkan mereka dalam setiap program pengembangan pariwisata setempat,” tulisnya dalam pesan singkat kepada BandungKita.id, Selasa (03/11/2020).

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi X Rian Firmansyah memberikan apresiasi atas hadirnya DPC HPI KBB untuk membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata. Ia berharap dengan hadirnya HPI di KBB dapat semakin meningkatkan kegiatan pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

“Selamat atas dilantiknya kepengurusan DPC HPI KBB untuk periode 2020-2025, dan juga patut kita syukuri bersama, karena akhirnya KBB sekarang telah memiliki kepengurusan HPI,” kata Rian Firmansyah saat dihubungi BandungKita.id, Selasa (03/11/2020).

Anggota DPR RI Komisi X Rian Firmansyah. (istimewa).

“Keberadaan HPI harus dapat memberikan sebesar-besarnya manfaat, minimal untuk anggota HPI agar keberadaan organisasi ini mampu memberikan kontribusi nyata buat anggota dan masyarakat secara umum di KBB,” tambah Rian kemudian.

Selanjutnya ia juga mengajak DPC HPI KBB untuk bermitra dengan Pemkab KBB. Pasalnya, mereka menjadi komponen penting dalam pengembangan pariwisata. Aplagi di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kepengurusan DPC HPI KBB diharapkan dengan segera dapat menyusun program-program kegiatan agar pariwisata di KBB kembali bangkit.

“Kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi sehingga lahir energi positif, dan tentunya harus selarah dengan program-progran Pemkab KBB dan menjadi bagian yang utuh untuk memajukan pariwisata di KBB pada masa pandemi ini. Namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan atau sesuai yag dianjurkan oleh Kemenparekraf,” tandasnya.

BACA JUGA :

Salut! Kopi Gununghalu Meraih Award di Paris Prancis, Begini Pendapat Warga KBB

Berikut 5 Lokasi Wisata di Bandung, Bisa Anda Kunjungi di Masa New Normal

Empat Desa Wisata Indonesia Masuk Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia

Ia juga berjanji akan terus menyampaikan aspirasi DPC HPI KBB di parlemen agar pariwisata di KBB mendapat perhatian, terutama peningkatan ekonomi kreatif dan kualitas sumber daya manusia pemandu wisatanya.

“Saya akan terus perjuangkan kemajuan Pariwisata dan ekonomi kreatif KBB di komisi X DPR RI selaku penentu kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif,” tandas Rian Firmansyah yang juga merupakan putra dari Bupati KBB Aa Umbara Sutisna tersebut.

Senada dengan Rian, Kabid Promosi dan Ekonomi Kreatif Disparbud KBB, Ibrahim Aji juga memiliki harapan serupa. Dengan dilantiknya DPC HPI KBB ia ingin pariwisata di Bandung Barat bisa cepat kembali pulih seperti semula.

“Semoga ada paket-paket perjalanan wisata baru di KBB yang akan kembali meningkatkan kunjungan wisatawan Bandung Barat. Bukan cuma berkunjung lalu pergi tapi menginap juga di hotel-hotel yang ada di KBB!,” tegasnya kepada BandungKita.id, Selasa (03/11/2020). (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment