Dinding Krimir di Kelurahan Melong Cimahi Ambruk, Ajay: Semoga Tidak Terulang

BandungKita.id, CIMAHI – Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna memantau lokasi dinding kirmir ambrol di RT 5 RW 22 Kel. Melong Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi pada hari Kamis 6 November 2020. Proses perbaikan akan dilakukan mengacu ketentuan agar daerah sempadan sungai tidak lagi dibangun bangunan permanen.

Terdapat sejumlah rumah yang terdampak langsung akibat dinding kirmir ambruk tersebut. Sungai tersebut merupakan perbatasan Kel. Melong Kota Cimahi dengan Blok Sayuran Cijerah Kota Bandung. Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan dirinya sudah melihat sejauh mana kerusakan yang terjadi di lokasi kirmir ambruk tersebut.

“Seperti dilihat sendiri ada longsor, kita sudah ngobrol sama pemilik rumah dan lihat status tanahnya agar APBD bisa dipakai membantu. Sudah minta dinas terkait dalam hal ini DPKP agar segera mendesain bantaran sungai ini supaya kejadian yang tidak diinginkan tidak terulang karena ini riskan,” ungkapnya.

BACA JUGA :

Hadapi Musim Hujan, BPBD Kota Cimahi Himbau Warga Siaga Bencana

Hujan dan Angin Kencang Terjang Cimahi, Reklame Roboh, Pohon Tumbang, dan Atap Rumah Terbang

Begini Penjelasan Kontraktor Soal Proyek TPT di Cisarua KBB yang Ambrol dan Dikeluhkan Warga

Walikota menegaskan, bangunan didirikan di sisi sungai sebetulnya tidak boleh. “Kenyataannya sudah pada berdiri. Untungnya di titik yang ambruk tidak dalam kondisi dihuni sehingga tidak ada korban jiwa. Makanya kita akan perbaiki dengan syarat tidak boleh lagi dibuat bangunan permanen, boleh untuk halaman saja,” jelasnya.

Selain memberikan himbauan kepada warga, Ia juga telah memerintahkan unsur kecamatan dan kelurahan untuk bersiap-siaga dan turun langsung ke lapangan apabila terjadi bencana di wilayahnya.

“Waktu kemarin pas kejadian, lewat lurah bersama jajarannya langsung mengecek kondisi di lapangan. Mudah-mudahan kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi lagi,” tandasnya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemkot Cimahi

Comment