by

Karang Taruna KBB Gelar Diklat Demi Cetak Protokoler Handal

BandungKita.id, KBB – Keprotokolan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi. Mengacu pada UU No. 9 Tahun 2010, Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan

Atas dasar itulah Karang Taruna (KT) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Unit Protokoler di Gedung Sekretariat KT KBB, kawasan Ngamprah, Kamis (11/03/2021).

Diklat angkatan pertama yang diikuti oleh 49 peserta itu dihadiri oleh pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KBB.

“Jadi Diklat Unit Protokoler ini merupakan angkatan pertama yang diikuti 49 peserta yang merupakan perwakilan dari 16 Kecamatan dan Unit Teknis KT di KBB”, jelas Ketua KT KBB Ujang Rohman saat dihubungi BandungKita.id, Jum’at (12/3/2021).

BACA JUGA :

PWI KBB Gelar Pelatihan Jurnalistik Dorong Potensi Menulis Anggota Karang Taruna

BNN KBB Gelar Workshop Masyarakat Anti Narkoba, Pengurus Karang Taruna dan IPPNU Angkat Bicara

Ujang Rohman menjelaskan bahwa nantinya para peserta diklat ini bisa menjadi profesional, karena bidang protokoler dapat dijadikan profesi yang memberikan reward, maka itu KT KBB memberikan ilmu yang mumpuni.

“Pelatihan ini berlangsung selama 1 bulan, dimana 1 minggu belajar teori dalam ruangan, 3 minggu akan praktek di lapangan. Bagi yang bisa menyelesaikan sampai akhir akan diberikan sertifikat kelulusan”, papar pira yang akrab disapa Ujro itu.

Lanjut Ujro menjelaskan tujuan diselenggarakannya Diklat ini agar para peserta yang lulus nantinya dapat menjadi pelopor terkait masalah penataan keprotokoleran di KBB khusunya di Desa dan Kecamatan.

“Tidak bisa dipungkiri suksesnya sebuah acara jika protokolernya berjalan dengan baik. Diharapkan ke depan bisa memberikan contoh kepada masyarakat atau instansi di Desa atau Kecamatan untuk mendesain acara dengan baik”, pungkas Ujro. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment