by

Ganjil Genap Kembali Diberlakukan di Lima Gerbang Tol Kota Bandung

BandungKita.id, Bandung – Pemberlakuan ganjil genap di lima pintu tol masuk Kota Bandung resmi diberlakukan kembali mulai hari ini, Jumat (10/9/2021). Ganjil genap berlaku bagi kendaraan luar kota hingga tiga hari ke depan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara. Ia mengatakan, sistem ganjil genap sebagai upaya Pemerintah Kota Bandung menekan penularan Covid-19.

“Untuk mengurangi mobilitas dan juga mencegah adanya kerumunan,” katanya saat dihubungi BandungKita.id, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, sistem ganjil genap ini cukup efektif menekan volume kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung. Turunnya mobilitas masyarakat berbanding lurus dengan penurunan angka penularan Covid-19.

“Mobilitasnya gak ada otomatis kerumunannya juga berkurang. Ini juga untuk memutus mata rantai Covid-19,” ucap Kuswara.

BACA JUGA:

Mulai Besok, Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Kota Bandung, Ini Lokasinya

Kadishub Kota Bandung: Ganjil-Genap di Gerbang Tol Tidak Berlaku Untuk Plat Nomor D

Aturan Ganjil-Genap di Kota Bandung, Begini Kata Dishub

Pelaksanaan ganjil genap kali akan berlangsung pada pukul 06.00-21.00 WIB. Kendaraan yang lewat disesuaikan nomor paling terakhir dengan tangggal pelaksanaan.

Kuswara juga menyebutkan, untuk personel yang diturunkan dari Dishub Kota Bandung sekitar 100 orang perharinya. Selain Dishub, ada personel tambahan dari instansi TNI-Polri dan juga pihak terkait.

“Untuk personel satu titik gerbang tol ada 10 personel, ada yang ditempatkan pada pagi dan sore. Jadi ada 20 dikali lima gerbang tol totalnya 100 orang perharinya,” pungkasnya.

Sebelumnya, sistem ganjil genap ini diberlakukan Pemkot Bandung pada 3-5 September 2021 di keluar gerbang tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, M. Toha, dan Buahbatu. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei

Comment