by

Hore! 9.014 RT di Bandung Barat Masuk Zona Hijau

BandungKita.id, KBB – Kabupaten Bandung Barat mulai mengalami penurunan kasus positif COVID-19 pada Oktober 2021. Hal tersebut berdasarkan pada data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan KBB pada Minggu (10/10/2021).

Berdasarkan data tersebut, sebanyak 9.014 Rukun Tetangga (RT) di KBB saat ini sudah masuk zona hijau. Hanya ada 23 RT yang hingga kini masih berstatus zona kuning.

Adapun RT yang masih zona kuning diantaranya, satu di Kecamatan Cisarua, tujuh di Kecamatan Lembang, delapan di Kecamatan Ngamprah, empat di Kecamatan Padalarang, dan tiga di Kecamatan Parongpong.

Sementara itu, untuk jumlah kasus positif aktif COVID-19 tinggal 28 kasus lagi. Sedangkan total pasien sembuh mencapai telah mencapai 18.793 orang, dan jumlah yang meninggal dunia sebanyak 265 kasus.

Kemudian capaian vaksinasi di KBB hingga kini telah mencapai 52,62 persen atau 734.726 jiwa untuk vaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 25,12 persen atau 350.664 jiwa.

Jumlah capaian vaksinasi COVID-19 ini mulai mendekati target yang ditentukan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah sasaran penerima vaksin COVID-19 sebanyak 1.396.176 jiwa.

Bila berdasarkan data yang dirilis oleh Dinkes KBB, penanganan COVID-19 terbilang cukup baik. Ditambah lagi dengan KBB saat ini berada di Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga:

Bandung Barat Genjot Vaksinasi Covid-19

Tonton Juga:

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melakukan langkah cepat untuk mencapai herd immunity. Sebanyak 800 tenaga kesehatan disiapkan Dinas Kesehatan KBB untuk memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinkes KBB, Eisenhower Sitanggang. Ia menerangkan, diharapkan dengan adanya 800 nakes yang disiapkan secara khusus ini bisa mengejar target vaksinasi COVID-19 di KBB mencapai 100 persen pada November 2021.

“Adanya 800 orang ini adalah satgas khusus percepatan vaksinasi COVID-19 jilid dua, karena yang kemarin sudah mencapai 50 persen lebih,” ujarnya, Jumat (8/10/2021).

Sambungnya, untuk nama-nama nakes yang disiapkan untuk satgas khusus vaksinasi COVID-19 sudah ada. Mereka pun nantinya akan dibekali Surat Keterangan (SK) dari Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan

“Kalau nama-namanya sudah ada, targetnya nanti sudah ada dan terukur. Jadi setiap nakes nantinya melakukan vaksinasi 50 orang setiap hari,” terangnya.

Ia menjelaskan, ratusan nakes tersebut akan ditempatkan di wilayah-wilayah yang tidak terjangkau atau jauh dari sentra vaksinasi COVID-19. Sebagain besar, lanjutnya wilayah yang dimaksud berada di Bandung Barat bagian selatan.

(Faqih Rohman Syafei) ***

Editor: Dhomz Hermawan

Comment