Ganjar Sabet Penghargaan Nasional

Nasional, Sosok23950 Views

BandungKita.id, SOSOK – Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan “Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan” terbaik nasional di dalam kinerjanya selama hampir 10 tahun di Jawa Tengah. Apa yang menjadi pencapaiannya ini bukanlah pencapaian yang sembarangan bisa didapatkan oleh banyak orang, melainkan hanya untuk orang-orang terpilih.

Mereka yang terpilih adalah mereka yang memang bekerja dengan hati dan bekerja sekuat tenaga untuk membangun daerah mereka. Ganjar Pranowo adalah salah satunya, yang terpilih itu. Rekam jejak kepemimpinanya selama ini, benar-benar terbukti dan bisa diandalkan.

Khususnya dalam pembangunan di Jawa Tengah yang membuat banyak sekali perubahan-perubahan dan pencapaian-pencapaian. Menjadi sesuatu hal yang tidak pernah terpikirkan sama sekali oleh warga Jawa Tengah sebelum-sebelumnya.

Baca Juga:

Masa Kecil Ganjar Penuh Kenangan Kerakyatan

Di Lereng Merapi dan Merbabu, Ganjar Serukan Masyarakat Bersatu

Ini Dua Karakter Penting untuk Indonesia dari Ganjar Pranowo

Dia mengatakan bahwa pencapaiannya ini milik bersama dan bukan hanya milik Ganjar Pranowo. Ganjar tidak pamer-pamer dan menyombongkan dirinya. Karena setiap apa yang dikerjakan, dia paham betul, harus dijalani sebagai amanat dari rakyat. Nilai lainnya adalah Ganjar membantu masyarakat untuk mencapai sebuah mimpi daerah maju di Jawa Tengah.

Pembangunan yang stabil dan tidak sembarangan ini menjadikan Jawa Tengah memiliki wajah yang berbeda dibandingkan Jawa Tengah sebelum-sebelumnya. Bukan bermaksud membandingkan antara Jawa Tengah sebelum Ganjar dan Jawa Tengah saat Ganjar memimpin. Akan tetapi perbedaan signifikan memang dirasakan oleh warga. Fakta inilah yang diakui sendiri oleh masyarakat Jawa Tengah.

Pencapaian ini tentu bukan tanpa strategi, melainkan dijalankan dengan sebuah strategi dengan melibatkan seluruh jajaran masyarakat, dan didengar kiprah ini oleh pemerintah.

Caranya adalah Ganjar melakukan Musrenbang untuk mendengar aspirasi dan mengetahui titik-titik permasalahan yang harus diselesaikan dan dicarikan solusinya. Strategi ini sebetulnya strategi yang dilakukan sudah lama. Menjadi strategi yang sebetulnya paling efektif. Tapi ternyata tak sedikit, para pejabat yang lebih suka melakukan hal-hal yang ia inginkan ketimbang yang rakyat inginkan.

Baca Juga:

Ganjar Usung Etika Keluarga, Keakraban dan Hormat untuk Kepemimpinan Nasional

Cek Penanganan Stunting di Kendal, Ganjar Optimistis Turunkan Angka Stunting di Jateng

Di sinilah perbedaan kualitas dari Ganjar Pranowo dan capres lainnya. Mereka cenderung masih berpikir soal egosentris dan ego sektoral mereka masing-masing.

Ego sektoral itu tidak harus berbicara tentang diri sendiri, melainkan berbicara tentang kelompok yang selama ini mereka kasih rumput dan pisang. Dikasih rumput, tanda kerbau dicocok hidungnya. Sedang dikasih pisang, tanda monyet yang gak bisa bekerja, dan hanya bisa berkoar-koar saja.

Namun Ganjar Pranowo tidak demikian. Dia malah mencarikan solusi dengan cara mendengar suara rakyat. Rakyat adalah bagian dari demokrasi dan esensi dari negara kerakyatan yang secara hakikat diwakilkan oleh seorang presiden.

Ganjar Pranowo membangun tradisi relasi yang begitu erat dengan masyarakat, dan inilah yang menjadi modal besar bagi kepemimpinannya secara nasional di Indonesia.

Ganjar Pranowo adalah orang yang ketika hari Senin sampai Jumat fokus memikirkan Jawa Tengah, dan hari Sabtu Minggu baru mulai safari politik yang membuatnya justru di-iri dan dicemburui oleh capres lain dan pendukungnya.

Video Pilihan:

Yang bilang Ganjar Pranowo, hari Senin sampai Jumat ngurusin capres itu, orang yang paling bodoh sedunia. Karena dia tidak kenal siapa Ganjar Pranowo dan tim mereka yang mengatur jadwal padatnya. Kalau kita lihat, bahwa apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Ganjar di hari Senin sampai Jumat dikerjakan secara baik demi kepentingan masyarakat Jawa Tengah.

Saat mulai akhir pekan, Ganjar baru mulai bersafari politik. Tapi tidak melakukan kampanye Sara ataupun mengancam-ngancam para pendukungnya untuk memilihnya kalau tidak, dengan agitasi mereka bisa masuk neraka atau diculik.

Dua pencapaian Ganjar Pranowo yang diposting di Instagram menjadi satu fakta baru, bahwa Ganjar Pranowo serius membangun Jawa Tengah. Dia akan membangun Indonesia pada tahun 2024 sampai 2029 nantinya di periode pertama. Syukur-syukur kalau dipercayakan lagi oleh rakyat untuk periode kedua, ya saya akan dukung dia sampai Indonesia jadi semakin lebih maju lagi.

Penghargaan “Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan” terbaik nasional. Itulah hadiah yang diberikan oleh Ganjar Pranowo kepada masyarakat Jawa Tengah dan masyarakat Indonesia sebagai curriculum vitae alias CV yang akan dijadikan alat untuk menceritakan pencapaiannya dalam konsep kepemimpinan.

Seseorang yang menang adalah seseorang yang bukan hanya sembarangan mengeksekusi tanpa ada perencanaan. Seorang yang menang juga bukan seorang yang hanya merencanakan tanpa ada eksekusi.

Kalau ingin menang, belajarlah dari Ganjar. Yakni setelah merencanakan, dia menyelesaikan dan merealisasikannya dengan semangat juang yang luar biasa.