Berita Duka: Mantan Gubernur Jawa Barat, HR Nuriana, Telah Berpulang

Kota Bandung75223 Views

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Kabar duka menyelimuti Kota Bandung dan Jawa Barat. Mantan Gubernur Jawa Barat, Nuriana, telah berpulang pada Kamis, 11 Juli 2024. Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirto Tirtoyuliono, menyampaikan belasungkawa atas nama Pemerintah Kota Bandung dan pribadi.

“Atas nama Pemerintah Kota Bandung dan pribadi, saya turut berduka atas wafatnya Mantan Gubernur Jawa Barat, Nuriana. Semoga Allah menerima segala amal ibadah almarhum,” ujarnya seperti dikutip dari laman Pemkot Bandung.

Nuriana lahir di Majalengka pada 17 April 1938. Ia mengabdikan diri sebagai Gubernur Jawa Barat selama dua periode, yaitu 1993−1998 dan 1998−2003. Sebelum menjadi gubernur, Nuriana menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi dari tahun 1991 sampai 1993. Beliau adalah seorang purnawirawan tentara dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI, dan merupakan lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1962.

Nuriana juga dikenal sebagai ayah dari Hani Nurrosjani, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung. Keluarga besar dan masyarakat Jawa Barat merasa kehilangan sosok yang begitu berdedikasi dalam menjalankan tugasnya.

Sebelum dimakamkan, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Komplek Parahyangan Rumah Villa Sarijadi, Kota Bandung. Masyarakat, kerabat, dan para pejabat turut hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Dalam berita duka ini, kita mengenang Nuriana sebagai seorang pemimpin yang telah memberikan banyak kontribusi bagi Jawa Barat. Semoga segala amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Comment