oleh

Oded Usulkan Ganti Benny Bachtiar sebagai Sekda, Ini Alasannya

BandungKita.id – Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajukan surat permohonan kepada Kemendagri untuk mengganti Benny Bactiar, calon sekda Kota Bandung yang diusulkan Walikota Bandung sebelumnya, Ridwan Kamil.

Surat resmi permohonan penggantian Benny tersebut, kata Oded, sudah dikirimkan ke Kemendagri.

Oded yang baru dilantik 20 September lalu mengaku lebih memilih mengganti Benny yang direkomendasikan Ridwan Kamil karena banyaknya penolakan terhadap mantan Asisten Daerah Pemkot Cimahi tersebut.

Selain itu, kata Oded, dirinya juga mendapatkan banyak aspirasi dari ASN Pemkot Bandung agar sekda terpilih berasal dari ASN Kota Bandung. Terlebih lagi jabatan sekda merupakan jabatan karir.

“Dari ASN Kota Bandung yang sampai kepada saya, mereka menghendaki (posisi sekda) dari ASN kota Bandung. Itu aspirasi yang terbanyak dan tentu saya sebagai pimpinan mempertimbangkan hal ini,” ujar Oded kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jumat (5/10/2018).

BACA JUGA : Donggalah, Nama Bayi Harimau yang Lahir di Bandung Zoo. Begini Alasan Walikota

Selain aspirasi dari ASN, mayoritas fraksi di dewan juga meminta agar posisi sekda diisi oleh ASN Pemkot Bandung.

Menurut Oded ada enam fraksi yang meminta agar sekda kota bandung berasal dari internal Pemkot Bandung. Keenam fraksi tersebut yakni PKS, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Hanura dan Golkar.

“Ada enam fraksi yang menyampaikan surat kepada saya. Isinya mereka juga sama menghendaki supaya tidak ada kegaduhan di ASN. Mereka (dewan) menghendaki beri kesempatan untuk ASN Kota Bandung,” ucapnya.

Saat ini lanjut Oded pihaknya menunggu jawaban surat dari Kemendagri terkait surat permohonan yang diajukan.

BACA JUGA : Oded Ingin Kota Bandung Punya Corak Batik Sendiri, Ini Motifnya

“Dan saya sudah menyampaikan surat ke Kemendagri tentang aspirasi itu. Saya sedang menunggu surat jawaban dari mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Oded untuk segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung. Sebab Kemendagri telah mengirimkan surat kepada Pemrov Jabar terkait Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

Menyikapi hal itu, Oded menegaskan bahwa pelantikan sekda merupakan hak pejabat pembina kepegawaian (PPK) yakni wali kota.

“Yang namanya sekda itu adalah hak daripada PPK yaitu walikota,” tegas Oded. (BKI/BandungKita.id)

Komentar