oleh

Tampilan Google Hari Ini Berwajah Ahli Matematika Olga Ladyzhenskaya

BandungKita.id, BANDUNG – Logo Google atau Google Doodle hari ini nampak berbeda tak seperti biasanya. Wajah seorang perempuan mengganti huruf o kedua dalam tulisan google yang disertai pula angka-angka dan rumus di bawahnya.

Selidik punya selidik, ternyata perubahan Google Doodle tersebut dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-97 Olga Ladyzhenskaya. Olga adalah seorang matematikawan yang berasal dari Rusia. Perempuan tersebut merupakan penemu persamaan diferensial parsial dan dinamika fluida.

Temuan Olga kerap digunakan dalam bidang oseanografi, aerodinamika, dan ilmu kardiovaskular, persamaan ini membantu para ahli meteorologi memprediksi pergerakan awan badai.

Lahir di kota pedesaan Kologriv pada hari ini tahun 1922, Ladyzhenskaya terinspirasi untuk mencintai aljabar berkat didikan ayahnya, seorang ahli matematika yang berasal dari bangsawan Rusia.

 

 

Dia baru berusia 15 tahun ketika ayahnya dipenjara dan dieksekusi oleh otoritas Soviet yang menuduhnya sebagai “musuh negara.” Selanjutnya, ibu dan saudara perempuannya menjual pakaian, sepatu, dan sabun untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Meskipun lulus dari sekolah menengah dengan nilai bagus, dia kemudian ditolak masuk ke Universitas Negeri Leningrad karena nama keluarganya.

Setelah bertahun-tahun mengajar matematika untuk siswa sekolah menengah, Ladyzhenskaya akhirnya mendapat kesempatan untuk kuliah di Universitas Negeri Moskow, belajar di bawah ahli matematika terkenal Ivan Petrovsky.

Diakui oleh banyak lembaga internasional, Olga dianugerahi Medali Emas Lomonosov oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada tahun 2002 atas kontribusinya yang mengesankan bagi dunia matematika.

Olga Ladyzhenskaya wafat saat usia 81 tahun di Saint-Pettersburg Rusia pada 12 Januari 2004. Menurut USA Today, penyebab kematian Olga hingga saat ini belum diketahui.***(Restu Sauqi)

Komentar