by

Pemkab Bandung Ajak Siswa SD Gemar Makan Ikan

BandungKita.id, SOREANG – “Makanlah ikan setiap hari. Lele, Tuna, Nila atau Ikan apa saja. Jadilah yang terbaik. Anak sehat dan cerdas, karena suka makan Ikan.”

Penggalan bait lagu berjudul Gemar Makan Ikan tersebut, terus menggema dinyanyikan ratusan siswa SDN 1 Parungserab, Soreang, di Taman Perpustakaan, Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Kamis (21/3/2019) pagi.

Lagu itu dinyanyikan agar para siswa memahami pentingnya mengonsumsi ikan. Seperti tengah gencar dikampanyekan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung sejak empat tahun terakhir ini.

“Kita melihat selain siswa, ada guru dan orang tua siswa. Mudah-mudahan dengan adanya kampanye Gemar Ikan ini, dapat meningkatkan  pemahaman orang  tua bahwa makan ikan itu sehat, kuat dan bikin cerdas,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, Rosadelina.

Salah satu siswa SDN 1 Parungserab, Soreang, mengikuti lomba mewarnai gambar ikan, di Taman Perpustakaan, Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan memasyarakatkan makan ikan terhadap 200 siswa itu adalah rangkaian dari acara Sabilulungan Literasi (Satali). Dalam kegiatan tersebut para siswa juga dibekali pengetahuan gizi dari ikan serta lomba mewarnai gambar ikan.

Menurut Rosadelina, upaya tersebut telah ia lakukan jauh- jauh hari. Selain menyasar para siswa SD, Pemkab Bandung juga telah melakukan gebrakan infrastruktur dengan membangun pasar ikan modern.

“Tahun 2019 merupakan tahun ke 4 melaksanakan gerakan memasyarakatkan memakan ikan. Jadi bupati untuk meningkatkan konsumsi ikan tidak hanya lewat upaya seperti ini, tapi juga telah melakukan gebrakan dengan membangun pasar ikan modern,” ucapnya.

Dengan adanya pasar ikan, ia berharap masyarakat makin mudah mendapat ikan, terutama ikan laut. Konsumsi ikan kita harap, bisa makin beragam lagi.

“Kalau dulu biasanya anak hanya mengonsumsi ikan Emas, Nila dan Lele. Sekarang bisa ditambah Tuna,” tuturnya.

Selain itu Pemkab Bandung juga membuat beberapa inovasi olahan makanan dari ikan seperti siomai ikan, fish roll dan teriyaki.

“Bentuk ikan yang dikonsumsi tidak hanya dalam bentuk asli ikan, tapi ikam dalam bentuk olahan seperti siomai ikan, fish roll dan teriyaki. Modelnya disesuaikan dengan selera anak,” pungkasnya. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

 

Comment