oleh

Kantornya Didatangi Massa, Begini Tanggapan Komisioner Bawaslu Jabar

BandungKita.id, BANDUNG – Komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, Abdullah Dahlan menanggapi positif digelarnya aksi oleh Gerakan Masyarakat Peduli Konstitusi (GMPK) pada Senin, (29/4/2019).

Abdullah menuturkan demonstrasi merupakan hak masyarakat dalam menyampaikan aspirasi. Terutama kaitanya dalam hal yang dinilai penting dimasyarakat seperti penyelenggaran pemilu yang saat ini memasuki tahap penghitungan suara.

“Tentu kami merespon positif atas atas apa yang disampaikan tadi dalam aksi unjuk rasa, yang merupakan bagian dari hak publik dalam menyampaikan aspirasinya,” kata Abdullah Dahlan, saat dihubungi melalui sambungan telfon.

Sebelumnya, masa menutut agar Bawaslu Jabar bertindak tegas dan memproses secara tuntas terkait laporan kecurangan yang terjadi selama proses pemilu berlangsung.

BACA JUGA:

H-2 Hari Buruh International, Kapolrestabes Bandung Imbau Isi dengan Kegitan Positif

 

Terbitkan Surat Edaran, Pemkot Bandung Larang Hiburan Malam Beroperasi Saat Ramadan, Begini Ketentuannya

 

Menanggapi hal itu, Abdulah mengklaim pihaknya telah melakukan tindakan sesuai dengan kewenangan Bawaslu. Baik selama masa kampanye, masa tenang, masa pemungutan suara hingga masa penghitungan yang saat ini tengah berlangsung.

“Pengawasan juga kami lakukan pada hari H , kami sudah jelaskan kinerja bawaslu dipungut hitung rekapitulasi, juga penindakan kami lakukan,” ujar Abdullah.

Tak hanya itu, secara spesifik masa juga menuntut pengusutan salah satu pelanggran pemilu yang terjadi di Jabar yakni politik uang. Abdullah sempat mengungkapkan bahwa pihaknya mendapati ada dugaan politik uang di tiga lokasi yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Bandung.

“Terkait dengan politik uang kami sudah tangani juga .Ada yang terjadi saat minggu tenang, ada juga pada hari H,” tegas Abdullah.

Meski Unjuk Rasa diperbolehkan, Abdullah juga mengimbau agar masyarakat melaporkan bila mendapati pelanggaran pemilu sesuai dengan prosedur yang berlaku. “mereka (pengunjukrasa) juga melaporkan temuan pelanggaran ke kita, tentu kami akan tindak lanjuti apa-apa yang tadi disampaikan,” tandas Abdullah. (Tito ROhmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar