by

Bandara Lesu, Menhub Pindahkan Penerbangan Tujuan Luar Jawa di Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati

BandungKita.id, BANDUNG – Menteri Perhubungan Republik Indonesia mengatakan akan mengevaluasi lesunya aktifitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Hal itu dilakukan karena BIJB belum menunjukkan hasil memuaskan bahkan sejak diresmikan pada Mei 2018 lalu.

“Kita akan lakukan evaluasi, dan sudah bertemu dengan gubernur juga, langkah yang kita ambil adalah semua penerbangan tujuan luar Jawa itu berangkatnya semua dari Kertajati tidak dari Bandara Husein Sastranegara,” kata Budi saat mengecek terminal Leuwipanjang, Selasa (7/5/2019).

Budi mengklaim, terkait rencana itu semua pihak sudah menyatakan persetujuan tinggal menunggu waktu pelaksanaan saja.

“Pelaksanaannya entah setelah lebaran atau sebelum lebaran,” ujar Budi.

BACA JUGA:

Pemdaprov Jabar Luncurkan 50 Taxi Daring di Bandara Husein

 

Waduh! Sakelar PJU Dekat Kantor Pemkot Bandung Ini Dibiarkan Terbuka, Bisa Ancam Keselamatan Pejalan Kaki

 

Selain itu, pihaknya juga menyebut dalam dua tahun kedepan Kemenhub akan mengebut proyek rekapitulasi sejumlah jalur kereta yang akan terhubung hingga ke Kertajati.

“Akan didukung kereta api juga tapi mungkin butuh waktu dua tahun kita akan buat kereta dari bandung kesana diantaranya reaktivasi,” ujar Budi.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT BIJB, Arief Budiman, menerangkan kondisi lesunya BIJB karena pembangunan proyek tol Cisumdawu yang molor dan masih beroperasinya Bandara Husein Sastranegara.

“Penyebab lesu lainnya juga kan memang masih ada dua bandara di satu provinsi serta memang ini kan pembangunannya baru tahap 1 belum sampai tahap 2 dan terus investasinya jangka panjang sehingga baru bisa optimal sepenuhnya beberapa tahun kedepan,” ujar Arif, Kamis, (11/4/2019) lalu. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment