oleh

Kekurangan SDM dan Armada, Pengangkutan Sampah Pada Acara Bersih-bersih KBB Akan Dilakukan Bertahap

BandungKita.id, NGAMPRAH – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se-dunia, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat akan menggelar bersih-bersih serentak di komplek pemerintahan, lokasi wisata dan sejumlah titik keramaian di KBB pada Jumat (14/6/2019) besok.

Dengan adanya kegiatan bersih-bersih serentak itu, volume sampah diprediksi akan meningkat. Apalagi UPTD Kebersihan KBB hanya menurunkan satu unit Armada Pengangkut Sampah Liar (APSL) dan dua unit motor roda tiga.

“UPTD Kebersihan hanya mampu menyediakan bantuan satu unit APSL yang berkapasitas 6 meter kubik dan dua unit motor kaisar di lingkungan Pemda,” ujar Kepala UPTD Kebersihan KBB, Rudy, saat ditemui dikantornya, Rabu (14/6/2019).

Baca juga:

Pasca Lebaran, Harga Kepokmas di Empat Pasar KBB Mulai Kembali Normal

 

Ia menyadari betul akan terjadi penumpukan sampah di sejumlah titik karena agenda bersih-bersih serentak tersebut. Ditambah, kata Rudy, personil dan armada terbatas.

“Untuk pengangkutan sampah di sejumlah titik yang lain seperti lokasi wisata dan kecamatan, akan dilakukan pengangkutan sesegera mungkin. Mengingat SDM dan Armada kami masih sangat terbatas untuk menangani 16 Kecamatan,” paparnya.

Baca juga:

Dinilai Janggal dalam Memutuskan Kasus Pelanggaran Pemilu, Bawaslu KBB Dilaporkan ke DKPP

 

Dia mengimbau kepada seluruh pihak, pasca kegiatan bersih-bersih serentak agar sampah ditumpuk di satu titik untuk memudahkan armada mengangkut baik di hari itu juga atau pada hari selanjutnya.

“Jika sempat akan diangkut pada hari itu juga. Tapi kalau tidak diangkut, masyarakat harap bersabar,” sebut Rudy.

Sementara, untuk kegiatan bersih-bersih serentak tersebut, pihaknya akan menyiapkan sapu lidi, kantong sampah, sarung tangan dan masker untuk dibagikan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengikuti kegiatan.

“Saya berharap, masyarakat bisa bersabar dan memahami kondisi UPTD Kebersihan yang masih kekurangan personil,” tutupnya.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Restu Sauqi

Komentar