by

Bangunan Bersejarah Karya Soekarno Harus Segera Dibangun Seperti Semula

BandungKita.id. BANDUNGB – Ketua Bandung Heritage, Aji Bimarsono angkat suara mengenai bangunan bersejarah di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung yang masih terbengkalai pasca penyegelan yang dilakukan oleh Satpol PP.

Menurutnya, bangunan bersejarah karya Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno itu mesti segera diperbaiki dan dirawat agar tetap lestari.

Sebelumnya, bangunan yang kerap disebut rumah kembar tersebut sempat disegel Satpol PP Kota Bandung lantaran dirubah oleh pemiliknya pada 2018 lalu. Namun kini Kondisinya masih tetap sama tanpa ada perbaikan.

“Kami berharap bangunan heritage jangan di ubah, jadi rusak nanti. Tapi itu (Rumah Kembar) kemarin sudah kadung sebagian atapnya dicopot. Kami berharap itu bisa dikembalikan ke bentuk semula, jadi dikembalikan lagi,” kata Aji saat dihubungi, Jumat (12/7/2019).

Baca juga:

Pemkot Bandung Harus Serius Rawat Bangunan Bersejarah

 

Duh, Rumah Karya Bung Karno di Bandung Ini Tak Terawat Bak Rumah Hantu

 

Aji menuturkan, ada 1.500 lebih bangunan heritage di kota Bandung. Bangunan itu perlu terus dijaga, mengingat citra Kota Bandung sebagai kota wisata sejarah.

“(Bangunan heritage) harus di rawat supaya bisa mengembalikan nilai-nilai cagar budaya di Bandung. Kemudian juga pemerintah harus menjaga kualitas Kota Bandung sebagai Kota peninggalan kolonial,” kata Aji.

Aji menegaskan hadirnya bangunan bersejarah di kota Bandung mempunyai peran penting sebagai pengetahuan sejarah khususnya untuk generasi milenial.

“Bangunan bersejarah itu sebagai dokumentasi perjalanan sejarah Kota Bandung atau pun bangsa Indonesia. Sehingga penting dilestarikan dan penting dikenal oleh generasi muda, supaya tahu jati diri bangsa Indonesia di kota Bandung,” kata Aji.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Comment