by

Pemkot Bandung Harus Serius Rawat Bangunan Bersejarah

BandungKita.id, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung diminta serius menangani persoalan beberapa bangunan heritage di Kota Kembang.

Demikian disampaikan salah satu pegiat komunitas sejarah, Aleut, Ridwan Hutagalung menyikapi terlantarnya nasib bangunan heritage yang disegel pada 2018, di Jalan Gatot Subroto.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bandung menyegel rumah karya Bung Karno yang biasa disebut Rumah Kembar tersebut, lantaran pemiliknya merubah bentuk asli bangun tersebut.

“Untuk kasus itu, memang yang pertama mempublikasikan kami, lalu datang Walikota waktu itu Ridwan Kamil, seharusnya setelah itu ada tim pemantau yang standby di situ untuk melaksanakan perbaikan sesuai aturan,” kata Ridwan saat dihubungi, Jumat (12/7/2019).

Baca juga:

Duh, Rumah Karya Bung Karno di Bandung Ini Tak Terawat Bak Rumah Hantu

 

“Dengan mendengar laporan ini Ya sepertinya tidak ada tindak lanjut setelah tahun lalu di segel itu, harusnya pemerintah dalam hal ini Pemkot bisa lebih tegas kalau ada kasus-kasus yang berhubungan dengan cagar budaya seperti ini,” tegas Ridwan.

Ridwan mengatakan pemerintah punya peran dominan dalam menjaga kelestarian bangunan heritage di kota Bandung, salah satunya, Rumah Kembar yang sudah dibangun sejak 1960 tersebut.

“Karena kalau ini dibiarkan berlarut-larut bisa jadi preseden buruk, akan diikuti oleh bangunan-bangunan yang lain. Mereka akan menganggap ternyata enggak ada apa-apa di bongkar juga, enggak ada sanksi yang jelas,” ujarnya.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Comment