oleh

Woow! Bupati KBB Aa Umbara Jenguk Dede Rafka dan Rela Berjalan Kaki 1 Kilometer Bawa Rusmana Agar Dirawat di RSHS

BandungKita.id, BANDUNG – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna akhirnya menjenguk warganya, Muhammad Rafka Pebian (2) atau biasa disapa Dede Rafka, bayi asal Kampung Tangkil, Desa Sukasari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang menderita kanker pada bagian matanya yang saat ini tengah dirawat intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Orang nomor satu di KBB itu mengaku ikut prihatin dengan penyakit yang diderita Dede Rafka tersebut. Terlebih, kata Aa Umbara, selain menderita kanker pada mata kirinya, bayi berusia dua tahun itu juga didiagnosis dokter menderita TB paru.

“Tapi menurut penuturan dokter, kondisi adik kita Dede Rafka relatif membaik. Minggu lalu masih berada di ruang (perawatan khusus) infeksi dan sekarang sudah pindah ke ruang non infeksi,” kata Aa Umbara, Selasa (30/7/2019).

Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna (kiri) menjenguk warganya, Dede Rafka Pebian (2), bocah asal Gununghalu KBB, penderita kanker mata yang tengah mendapat perawatan intensif di RSHS Bandung (foto:istimewa)

 

Bupati yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) KBB, Hernawan dan Asisten III Pemkab Bandung Barat, Maman Sulaeman juga meminta pihak dokter RSHS untuk memberikan perawatan dan pengobatan yang optimal demi kesembuhan Dede Rafka.

Pada kesempatan itu, Bupati Aa Umbara juga menjenguk Rusmana (16), warga Kampung Cijamil, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB yang tengah mendapat perawatan di Rumah Singgah sekitar RSHS. Rusmana sudah sejak enam bulan lalu tengah berjuang melawan tumor di bagian kepala dan leher.

BACA JUGA :

Muhammad Rafka Pebian, Balita Penderita Tumor Asal Gununghalu KBB yang Membutuhkan Uluran Tangan

 

 

BandungKita.id Gelar Donasi untuk Dede Rafka, Bayi Asal KBB Penderita Tumor Mata : Ini Donasi yang Terkumpul

 

Mantan Ketua DPRD KBB itu rela berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk melihat kondisi Rusmana yang tergolek tak berdaya di tempat tidur. Setelah berdialog dengan keluarganya, Bupati Aa Umbara memerintahkan untuk membawa Rusmana ke RSHS untuk mendapat perawatan intensif di RSHS.

Kepada orang tua dan keluarga kedua pasien, Aa Umbara memberikan motivasi agar orang tua dan keluarga selalu diberi kesabaran dan keikhlasan menghadapi ujian yang menimpa anak mereka. Bupati juga mendoakan kedua anak warga KBB tersebut segera disembuhkan penyakitnya dan sehat kembali seperti sedia kala.

Bupati KBB, Aa Umbara (duduk) menjenguk Rusmana (16), remaja warga Kampung Cijamil, Desa Cilame, Ngamprah, KBB yang mendapat perawatan di Rumah Singgah. Bupati kemudian membawa Rusmana yang menderita tumor pada bagian kepala dan leher ke RSHS untuk mendapat perawatan intensif (foto:istimewa)

“Saya juga memerintahkan Dinkes KBB dan jajarannya agar benar-benar mendampingi proses pengobatan kedua pasien anak warga KBB itu supaya pengobatannya ditangani secara maksimal. Insya Allah Pemda KBB akan selalu hadir untuk masyarakatnya,” tegas Aa Umbara.

Sementara itu, Kadinkes KBB Hernawan mengatakan pada kesempatan itu Bupati Aa Umbara juga turut memberikan bantuan materil kepada orang tua Dede Rafka maupun Rusmana.

“Untuk biaya pengobatan kedua pasien, mereka menggunakan BPJS karena peserta BPJS. Tapi biaya di luar itu, Pemda KBB membantu full. Kami juga akan mendampingi pengobatan kedua pasien untuk mendapat pengobatan terbaik sesuai instruksi Pak Bupati,” ujar Hernawan kepada BandungKita.id. (M Zezen Zainal M)

Komentar