by

Cegah Rabies, Dispernakan KBB Gelar Vaksinasi Gratis Bulan September

BandungKita.id, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan menggalakkan vaksinasi anti rabies terhadap hewan penular rabies (HPR) secara gratis pada bulan September mendatang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dispernakan Kabupaten Bandung Barat, Wiwin Aprianti mengatakan, vaksin gratis yang digelar selama satu pekan tersebut bertujuan agar masyarakat terlindung dari gigitan anjing yang terinfeksi rabies.

“Akibat terburuk jika terinfeksi virus rabies adalah meninggal dunia. Jadi lebih baik mencegah melalui vaksinasi gratis ini,” ungkap Wiwin, Selasa (27/8/2019) lalu.

Wiwin mencatat, sejak awal tahun 2019, ada belasan warga dan sejumlah hewan peliharaan terkena gigitan anjing yang terinfeksi rabies.

BACA JUGA:

Ratusan Pedagang di Kawasan Gunung Tangkuban Parahu Gelar Istighosah

 

Satu Bulan Erupsi, Menteri ESDM Khawatirkan Gas Mematikan di Gunung Tangkuban Parahu

 

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, maka pihaknya menggelar vaksin gratis untuk Hewan Penular Rabies (HPR) di KBB.

Di Kabupaten Bandung Barat, kata Wiwin tercatat ada sebanyak 5141 ekor HPR. Anjing 4224 ekor, Kucing 780 ekor, Kera 35 ekor dan Musang 128 ekor.

“Hewan Penular Rabies yang dimaksud meliputi Anjing, Kucing, Kera dan Musang. Targetnya lebih dari 70 persen HPR divaksin,” pungkasnya.

Sementara, jadwal vaksin gratis kata Wiwin akan digelar pada 1 September di GBR I Cilame, 2 September di Puskeswan dan Lab KBB, 3 September di Villa Triniti Parongpong, 4 September di Arthas Petshop Permata, 5 September di Jalan Gedong V dan 6 September di Komplek Pemda KBB. (Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment