by

Film Joker Tayang di Bioskop, Inilah 5 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui

BandungKita.id, FILM – Joker adalah judul film standalone bergenre drama, tragedi, dan kriminal yang telah tayang di bioskop-bioskop indonesia sejak Rabu (02/10/2019).

Disutradarai oleh Todd Phillips dan ditulis olehnya sendiri bersama Scott Silver, serta dibintangi oleh aktor mega bintang Hollywood, Joaquin Phoenix, film Joker ini dibuat berdasarkan karakter Joker yang sering muncul sebagai antagonis di serial-serial DC Comics.

Film Joker yang satu ini menurut sinopsisnya akan menjadi sebuah origin story yang baru (tidak berdasarkan film, animasi, atau pun komik yang sudah ada) untuk karakter yang sudah biasa menjadi musuh bebuyutan Batman ini.

Film ini akan menceritakan kisah seorang pria bernama Arthur Fleck, seorang badut dan stand up komedian, yang jatuh ke dalam kegilaan dan mulai melakukan tindakan-tindakan kriminal karena kejadian-kejadian yang menimpanya di tengah apatisme lingkungan sosial.

Berikut adalah fakta-fakta menarik di balik produksi film Joker yang telah dirangkum BandungKita.id :

1. Aktor-aktor yang awalnya tidak ingin bermain di film ini

Aktor Hollywood, Joaquin Phoenix. (foto : net)

 

Joaquin Phoenix selalu ingin bermain sebagai karakter antagonis di film adaptasi komik, namun dia selalu menahan diri karena tidak ingin memiliki keterikatan pada suatu franchise (seperti Marvel Cinematic Universe atau DC Extended Universe) yang mengharuskannya untuk muncul lebih dari satu film.

Joaquin tertarik untuk ikut ke dalam proyek film Joker ini karena film ini merupakan proyek standalone yang tidak memiliki hubungan apa-apa dengan film lain di cinematic universenya DC.

Lain cerita dengan Marc Maron, yang berperan menjadi karakter vital dalam kisah perjalanan Arthur menjadi Joker. Marc Maron justru sama sekali tidak memiliki ketertarikan untuk bermain di film adaptasi komik, namun memutuskan untuk ikut ke dalam proyek ini hanya demi bisa bekerja bersama Joaquin dan Robert De Niro.

 

2. Perjuangan Joaquin Phoenix demi menjadi Joker

Aktor Hollywood, Joaquin Phoenix berperan sebagai Joker. (foto : net)

 

Untuk lebih mendalami perannya sebagai si badut psikopat, banyak usaha yang dilakukan Joaquin. Diantaranya pada saat pra-produksi dan saat proses produksi berjalan, Joaquin tampak mengalami penurunan berat badan drastis demi memenuhi tuntutan peran.

Tidak hanya perkara fisik saja, Joaquin bahkan mencoba menyelami mental karakter antagonis dengan tawanya yang khas itu dengan mempelajarinya langsung dari para penderita gangguan mental tawa atau tangis patologis. Yaitu mereka pengidap gangguan neurologis yang membuat tertawa atau menangis tak terkendali.

 

3. Ternyata Naskah film Joker sempat bocor lho!

Joaquin Phoenix sebagai Joker. (foto : net)

 

Pada sekitar bulan Mei atau Juni lalu, naskah film Joker dikabarkan sempat bocor ke internet. Tidak ada yang tahu siapa pelakunya, tapi menurut kabar, bocoran ini datang dari seseorang yang menjadi test audience di studio Warner Bros.

Walaupun kebenaran bocoran ini patut disayangkan, nyatanya, ada beberapa bocoran ternyata sesuai dengan apa yang ditampilkan pada trailer filmnya yang muncul tak lama setelah bocoran itu keluar. Keakuratan bocoran itu bahkan diperkuat lagi dengan pernyataan dari mereka yang ikut test screening.

Waduh, gimana, tuh?

Bagi yang tertarik dengan bagaimana isi bocorannya, selamat menjelajahi internet, ya. Saya sendiri, sih, lebih memilih nonton, takut spoiler.

 

4. Mereka yang sempat dipertimbangkan untuk memerankan Joker

Aktor Hollywood kenamaan, Leonardo DiCaprio (foto : net)

 

Tahukah kamu? Ternyata, sebelum Joaquin, Leonardo DiCaprio sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter utama film ini.

Selain aktor yang akhirnya baru bisa mengangkat piala Oscar setelah kalah nominasi lima kali ini, aktor lain yang sempat dipertimbangkan untuk memerankan Joker adalah Bill Skarsgård, yang baru-baru ini memerankan Pennywise di film horror adaptasi novel Stephen King, IT.

Untungnya Bill Skarsgård batal memerankan Joker, ya. Bisa-bisa nanti ini malah jadi langkah awalnya memonopoli peran badut seram di Hollywood.

Di sisi lain, sebelum memutuskan untuk menjadi pemeran Joker, Joaquin Phoenix juga ternyata sempat ditawari peran untuk salah satu karakter utama di MCU, yakni Doctor Strange. Namun tawaran tersebut ditolak oleh Joaquin.

 

5. Para pemeran figuran yang terperangkap di kereta dan terpaksa kencing di rel

Salah satu set lokasi syuting film Joker yang diambil di stasiun kereta bawah tanah Brooklyn, New York. (dok : Warner Bros)

 

Saat proses produksi pada bulan Oktober tahun 2018 lalu, terdapat kejadian yang cukup tidak mengenakkan. Dikabarkan bahwa sejumlah pemeran figuran yang bekerja dalam produksi film ini dikurung di dalam kereta selama tiga jam.

Meskipun sudah menggedor pintu gerbong berkali-kali, tetap tidak ada yang datang untuk membukakan kunci kereta.

Mereka yang baru saja selesai bekerja itu tidak bisa keluar dari dalam kereta untuk mandi atau buang air kecil, beberapa di antaranya bahkan terpaksa kencing di atas rel melalui rongga-rongga sempit yang dapat mereka temukan di gerbong.

Pemeriksaan lebih lanjut sudah dilaksanakan oleh Screen Actors Guild, perserikatan yang melindungi pemeran film. Semoga saja cuma ketidaksengajaan saja, dan bukan perbuatan oknum jahil yang terinspirasi sifat Joker, ya.

“I used to think that my life was a tragedy. But now I realize… it’s a comedy.” -Arthur Fleck

Nah, itu tadi adalah fakta dan kejadian-kejadian unik yang terjadi dalam proses produksi film Joker. Film Joker sudah bisa ditonton di bioskop-bioskop kesayangan anda. ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita,id)

 

Dilansir dari berbagai sumber

Comment