oleh

Waduh! Pilkades Serentak Tak Lama Lagi, Pemkab Bandung Barat Belum Koordinasi dengan Polres Cimahi Terkait Pengamanan

BandungKita.id, KBB – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tak lama lagi akan digelar. Berdasarkan jadwal, pilkades serentak di KBB akan digelar pada 24 November 2019 mendatang. Artinya persiapan dengan waktu yang tersisa pun terbilang mepet.

Namun hingga kini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat belum melakukan persiapan maupun koordinasi dengan Polres Cimahi terkait pengamanan pelaksanaan pilkades serentak di KBB.

Pemkab Bandung Barat berdalih, komunikasi dengan Polres Cimahi untuk pengamanan Pilkades belum dilakukan karena saat ini panitia tingkat kabupaten sedang fokus menyelesaikan tahapan pendaftaran calon.

Jika tahapan itu telah selesai, baru koordinasi terkait pengamanan dilakukan Pemkab Bandung Barat. “Iya, kita belum koordinasi dengan Polres untuk pengamanan. Nanti setelah selesai tahap pendaftaran baru kita komunikasi,” kata Asisten I bidang pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, Aseng Junaedi, Senin (7/10/2019).

Seperti diketahui Pilkades serentak tersebut akan diikuti oleh 112 desa se-Kabupaten Bandung Barat dan menelan APBD sebesar Rp 20 miliar. Dari jumlah tersebut Pemkab Bandung Barat telah menganggarkan untuk pengamanan.

BACA JUGA :

LBH Ansor KBB Gelar Diskusi Publik Pilkades Serentak

 

 

112 Desa di Bandung Barat Bakal Menggelar Pilkades Serentak Tanggal 24 November

 

 

“Enggak mungkin lah kita tak menggandeng aparat kepolisian, wong anggarannya sudah ada,” jelas Aseng.

Saat ini tahapan Pilkades memasuki tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa yaitu pada tanggal 5 – 19 Oktober. Sedangkan penetapan calon akan dilakukan pada 29 – 30 Oktober.

Ditanya kemungkinan hadirnya calon kepala desa lebih dari lima orang, Aseng menjelaskan Pemda Bandung Barat telah menunjuk perguruan tinggi Unjani Cimahi sebagai lembaga penyeleksi.

“Desa yang calonnya lebih dari lima orang akan dites di Unjani Cinahi,” katanya.

Soal koordinasi dengan aparat kepolisian, Kasubag Humas Polres Cimahi, AKP Heru membenarkan bahwa Pemkab Bandung Barat hingga saat ini belum melakukan koordinasi terkait pengamanan Pilkades.

“Hingga saat ini belum ada koordinasi, sempat ada rencana pertemuan, namun ditunda lagi,” pungkasnya.***(Restu Sauqi/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar