oleh

Viral! Video “Ritual” Amankan Pelantikan Jokowi Libatkan Nyi Roro Kidul, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

BandungKita.id, VIRAL – Sebuah video viral di media sosial, dimana seseorang yang mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI.

Seperti rilis yang diterima BandungKita.id, Jum’at (18/10/2019) .Dirinya mengaku sedang melakukan geladi bersih untuk mengamankan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, dengan memanggil bangsa jin.

Dalam video yang beredar, tampak Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta. Saat ditanya oleh si perekam video, Ki Sabdo mengaku tengah melakukan ‘geladi bersih’ untuk pengamanan pelantikan Jokowi.

 

BACA JUGA :

Petisi Kaka “Slank”: Minta Presiden Jokowi Jaga Hutan Raih Puluhan Ribu Dukungan Dalam 3 Hari, Mau Ikut?

 

Susunan Kabinet Periode Mendatang Sudah Rampung, Jokowi: Saya Akan Umumkan Setelah Pelantikan

 

 

“Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin,” ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Menanggapi video yang beredar, pimpinan MPR menegaskan koordinasi pengamanan hanya dilakukan bersama TNI, Polri, dan BIN. MPR menegaskan tidak melibatkan dukun.

“Untuk menjaga keamanan Pimpinan MPR mengundang untuk koordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN, Setneg, dan aparat terkait, bukan dengan dukun atau ahli magic,” kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Jumat 18 Oktober 2019.

 

 

Jazilul mengaku tak tahu bagaimana pria yang mengaku bernama Ki Sabdo itu bisa masuk dan melakukan ‘ritual’ di gedung DPR. Menurutnya, DPR adalah rumah rakyat yang bisa dimasuki siapa saja. Ia mengakui, terkadang petugas kurang teliti mengecek maksud dan tujuan orang-orang yang datang ke kompleks parlemen.

“Setahu saya Pamdal tidak melibatkan dukun, pengusir jin, dan Nyai Roro Kidul. DPR sebagai rumah rakyat siapapun bisa masuk, terkadang petugas kurang teliti menanyakan maksud dan tujuan tamu yang masuk,” ujarnya.

Meskipun demikian, politikus PKB itu mengatakan beredarnya video ‘ritual pengamanan’ itu tidak akan mencoreng acara pelantikan presiden dan wakil presiden. Menurut Jazilul, hal itu hanya sebagai serba serbi pelantikan.

 

BACA JUGA :

Presiden Jokowi Bertemu Prabowo Sore Ini, Sinyal Gerindra Gabung Koalisi Pemerintah?

 

Sidang Umum PBB Jadi Sorotan Dunia, Wapres JK Tegaskan Tak Ada Usul Referendum Papua

 

 

Padahal seperti yang dikutip BandungKita.id dari Muslim.co.id, dalam Agama Islam hukumnya tidak boleh seorang Muslim meminta bantuan jin untuk tujuan apapun. Karena mereka tidak memberi bantuan kecuali manusia menaati para jin dalam berbuat maksiat kepada Allah dan berbuat kesyirikan atau kekufuran. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” (QS. Al Jin: 6).

dan firman Allah Ta’ala:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الإِنْسِ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلا مَا شَاءَ اللَّهُ

Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (manusia dan jin), (dan Allah berfirman) : “Hai golongan jin (setan), sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia,” lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia : “Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami (manusia) telah mendapat kesenangan dari sebagian yang lain (jin) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami”. Allah berfirman : “Neraka itulah tempat tinggal kamu semua, sedang kamu semua kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)” (QS. Shad: 55).

Seperti diketahui, Jokowi-Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di kompleks MPR/DPR RI 20 Oktober mendatang. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Komentar