oleh

Bukan Cuma Bahasa Asing, Generasi Muda Juga Perlu Kuasai Bahasa Pemrograman

BandungKita.id, BANDUNG – Salah satu kunci suksesnya seorang anak muda atau mahasiswa saat ini adalah menguasai bahasa asing serta bahasa pemrograman. Mengapa ? lantaran hampir semua lini pekerjaan saat ini berkaitan dengan dua bahasa itu.

Demikian disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah saat menjadi narasumber pada kuliah umum di Universitas Widyatama Kota Bandung, Senin (4/11/2019).

 

BACA JUGA :

Jika Ingin Mudah Diterima Kerja, Mulailah Bersikap Bijak di Medsos

 

 

Pada kuliah umum yang digelar Fakultas Bahasa Universitas Widyatama tersebut, Siti mengatakan penguasaan bahasa asing dan coding sangat penting terutama bagi generasi muda yang menyukai dunia entrepreneur dan ekonomi digital.

“Saya punya harapan besar terhadap Mendikbud yang baru saat ini dan saya sepakat terkait dua hal yang harus dikuasai oleh generasi muda yakni bahasa asing baik itu bahasa Inggris serta bahasa digital atau bahasa pemrograman karena sangat menunjang peningkatan ekonomi ke depan,” tutur Siti.

 

BACA JUGA :

Tak Hanya Tempat Menimba Ilmu, Perguruan Tinggi Dituntut Bina Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

 

 

Siti mengatakan, saat ini perusahaan perusahaan yang merajai dunia adalah perusahaan yang bergerak di sektor olah data digital seperti transportasi online perusahaan E-commerce dan perusahaan lainnya.

“Lihat Alibaba Group, mereka punya big data dan bisa sukses mengarahkan bagaimana masyarakat untuk jadi pembeli produk tertentu,” kata Siti.

 

Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga saat ditemui usai mengisi acara pada kuliah umum di Universitas Widyatama Kota Bandung, Senin (4/11/2019). (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

Sementara itu Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga mengatakan hal paling sederhana dalam dunia digital yang hari ini sangat bisa dilakukan oleh mahasiswa dan generasi muda adalah menjaga sikap di media sosial.

Pasalnya media sosial saat ini menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan yang akan menerima karyawan baru.

“Tentu melalui kuliah umum ini, mahasiswa diharapkan bisa tahu bagaimana menggunakan media sosial sebagai teknologi digital dengan bijak. Karena itu menjadi 1 penilaian nantinya saat mahasiswa memasuki dunia kerja,” kata Obsatar. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar