by

Perkenalkan! Komunitas Motor KBB MAX, Klub Motor Syariah Asal Bandung Barat

Masjid, Pesantren, Anak Yatim dan Fakir Miskin adalah Ladang Garapan Mereka

 

BandungKita.id, KBB – Sebagian masyarakat kerap menganggap komunitas motor atau klub motor sangat identik dengan kesan hura-hura, ugal-ugalan dan arogan di jalan raya. Namun hal itu tidak berlaku bagi komunitas motor asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang satu ini, namanya Komunitas Bandung Barat MAX (KBB MAX).

KBB MAX adalah komunitas motor yang para anggotanya memiliki sepeda motor MAX Series dari Yamaha yakni NMAX, X-MAX dan T-MAX. Menariknya lagi, komunitas motor satu ini seluruh anggotanya “beraliran syariah” alias mengedepankan sikap religius dalam kegiatan mereka.

Sebagai contoh, tak ada kegiatan hura-hura dalam acara touring komunitas ini, Bagi klub-klub atau komunitas otomotif, kegiatan touring merupakan salah satu agenda rutin bahkan wajib dilakukan untuk mengasah dan menyatukan anggota mereka.

Deretan sepeda motor anggota komunitas KBB MAX. KBB MAX adalah komunitas motor syariah asal Bandung Barat (foto: istimewa)

Di komunitas motor KBB MAX, acara touring dikemas sangat berfaedah dan berbau religi. Kegiatan touring pun dilabeli dengan label touring syariah. Anggota KBB MAX tidak boleh membonceng pasangan selain muhrimnya. Haram hukumnya membonceng pacar apalagi sampai berpelukan di sepeda motor.

Pasangan yang dibonceng para anggota KBB MAX hanyalah yang telah memiliki ikatan suami istri atau anggota keluarga. Yang dibonceng biasanya istri atau anak. Ada juga yang membonceng adik atau anggota keluarga lainnya.

BACA JUGA :

Mengenal Komunitas Stand Up Indo Cimahi Wadahnya Komika Cimahi dan KBB Unjuk Gigi

 

 

Suka Wisata Alam di Bandung Raya? Yuk Gabung Komunitas Unik Ini

 

 

Kegiatan syariah dan berbau religi dalam komunitas KBB MAX bahkan dituangkan dalam AD/ART organisasi mereka. Label komunitas syariah dan memberikan manfaat untuk sesama bukan hanya slogan, namun benar-benar dituangkan dalam aturan organisasi.

“Acara yang kami usung disesuaikan dengan AD/ART yakni silaturahmi, touring syariah dan harus memberikan kebaikan kepada sesama,” ujar Ketua Umum KBB MAX, Sandi Pardian didampingi Sekjen KBB MAX, Acep Rukmana kepada BandungKita.id, Selasa (17/12/2019).

Anggota KBB MAX berfoto bersama di sela-sela kegiatan ulang tahun KBB MAX ke-2 di Batujajar, KBB, beberapa waktu lalu (foto:istimewa)

 

Tak hanya itu, komunitas motor KBB MAX juga sangat rutin menggelar kegiatan sosial dan kerap berkunjung ke masjid-masjid, pesantren, panti asuhan dan mengunjungi masyarakat tidak mampu di berbagai daerah.

Yang tak kalah menarik, komunitas KBB MAX tidak pernah tertinggal sholat. Mereka bahkan selalu sholat tepat waktu termasuk ketika mereka sedang melakukan touring. Begitu mendengar suara adzan, mereka biasanya langsung berhenti dan mencari masjid terdekat untuk melakukan sholat.

“Alhamdulillah kami komunitas motor yang selalu mengedepankan kepedulian kepada sesama dan mesjid-mesjid.Setiap touring kami selalu membawa Al-Qur’an, sarung, mukena dan lain-lain. Lalu kita bagikan ke setiap mesjid yang kami datangi,” kata sandi.

Salah satu kegiatan touring yang dilakukan komunitas motor KBB MAX. Touring mereka berlabel syariah dan banyak mengunjungi masjid, pesantren, panti asuhan dan fakir miskin (foto:istimewa)

 

Sementara itu, Sekjen KBB MAX Acep Rukmana menambahkan saat ini KBB MAX sudah memiliki anggota lebih dari 100 orang. Padahal komunitas mereka baru berdiri 2 tahun. KBB MAX baru saja menggelar anniversary yang ke-2 pada Minggu (15/12/2019) lalu.

“KBB MAX berdiri pada 7 Oktober 2017. Kemarin kita baru saja merayakan hari jadi kedua di Batujajar dan dihadiri oleh Bupati KBB Aa Umbara,” kata Acep.

BACA JUGA :

Ribuan Motor Harley Davidson Padati Jalan Naripan, Ada Apa Ya?

 

 

Komunitas Pecinta Offroad Siap Dongkrak Potensi Wisata di Garut

 

 

Selain rutin berkunjung ke masjid-masjid dan pesantren, sambung Acep, KBB MAX juga rutin menggelar kegiatan bakti sosial dan santunan bagi anak-anak yatim, fakir miskin dan kerap membantu program pemerintah seperti program penghijauan di kawasan rawan longsor.

Deretan sepeda motor anggota komunitas KBB MAX. KBB MAX adalah komunitas motor syariah asal Bandung Barat (foto: istimewa)

“Kami juga memiliki anak angkat santri dari pesantren-pesantren. Kita datang dan memberikan keperluan mereka serta uang jajan hasil dari iuran semua anggota. Kegiatan kami tidak hanya di KBB, tapi ke luar Bandung Barat juga sering,” ujar Acep sambil tersenyum.

Ia berharap KBB MAX dapat menjadi contoh bagi komunitas motor atau komunitas otomotif lain di KBB, Jawa Barat maupun Indonesia. Menurut Acep, tidak ada salahnya hobi dijadikan sarana untuk tetap beribadah dan memberikan manfaat untuk sesama.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment