by

Sempat Ubah Warna Rambut, Ferdian Paleka Akhirnya Ditangkap Polisi di Daerah Ini

BandungKita.id, BANDUNG – Netizen dihebohkan dengan video penangkapan YouTuber Ferdian Paleka dan viral di dunia maya. Pihak Polrestabes Bandung pun membenarkan adanya penangkapan Ferdian.

Ferdian Paleka ditangkap aparat setelah buron beberapa hari. Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri menjelaskan, selain Ferdian, polisi juga menangkap terduga lainnya yang juga teman Ferdian berinisial A.

“Untuk info awal bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua,” ujar Galih seperti dikutip dari laman vivanews, Jumat (8/5/2020).

Berdasarkan informasi yang beredar, Ferdian Paleka ditangkap pada Kamis malam (7/5/2020) sekitar pukul 23.30 WIB oleh personel Polda Jawa Barat (Jabar). Setelah ditangkap, Ferdian dibawa ke Polsek Benteng, Polres Metro Tangerang, Kota Tangerang untuk pemeriksaan.

Ferdian Paleka yang membuat video prank bagi-bagi bantuan berisi sampah itu diamankan petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Jatanras Polda Jawa Barat di Tol Jakarta-Merak daerah Tangerang.

“Berhasil mengamankan tiga orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (pakdenya F). Target diamankan di Tol Jakarta-Merak daerah Tangerang, setelah ke luar Pelabuhan Merak sekira jam 01:00 WIB,” terangnya.

BACA JUGA :

Resmi Jadi Buron, Polisi Minta Masyarakat Melapor ke Nomor Ini Jika Mengetahui Keberadaan Ferdian Paleka

Sesali Kelakuan Anaknya, Ibu Youtuber Ferdian Paleka Minta Maaf : Begini Tanggapan Warganet

Viral! Akibat Iseng Prank Bagi Sembako, Ferdian Paleka Youtober Asal Baleendah ini Digeruduk Massa

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat kini masih melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Ferdian Paleka dan rekannya. “Kini para tersangka sementara dibawa ke Ditreskrimum,” tambahnya.

Pelarian YouTuber Ferdian Paleka yang berakhir di ruas Tol Tangerang-Merak itu diketahui melalui unggahan akun Instagram @garizluis37, yang merupakan milik personel Polda Jawa Barat (Jabar) berpangkat Brigadir Satu (Briptu).

Dia mengunggah lima dokumentasi, satu video, tiga foto tersangka pemberi makanan kepada waria yang nyatanya berisikan sampah dan satu foto layar berita. Dalam unggahannya, dia menuliskam caption “Main-main sama Polda Jabar. Jangan kan orang, hantu pun kita garap (guyon).”

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @garizluis37, Ferdian telah mengubah warna rambutnya hingga mencukur kumisnya. Dalam video itu juga tampak tangan kirinya diborgol dengan seseorang di sebelahnya. Ketika diamankan, Ferdian memakai t-shirt dan celana hitam.

Seperti diketahui, Ferdian Paleka telah menjadi kejaran polisi sejak beberapa waktu lalu akibat video prank bagi-bagi sembako berisi sampah dan makanan busuk.

Aksi Ferdian Paleka pun dinilai tak etis di tengah wabah virus corona. Dan bahkan korban yang menerima bantuan merasa dilecehkan, hingga banyak yang menilai perilaku Ferdian merendahkan martabat manusia. Aksi ini membuat geram banyak masyarakat dan netizen.

Akibat ulahnya itu, Ferdian Paleka dikenakan Undang-Undang (UU) ITE dan terancam hukuman 12 tahun kurungan penjara.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment