by

Keren! Bahasa Sunda Wabup KBB Hengky Kurniawan di HUT KBB ke-13 Menuai Pujian

Rasa Hormat Hengky untuk Para Pendiri KBB dan (alm) H Abubakar

BandungKita.id, KBB – Urusan hal-hal kreatif, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengky Kurniawan memang jagonya. Ia seolah tak pernah kehabisan ide untuk selalu berkarya dan memberikan inspirasi buat masyarakat KBB maupun para penggemarnya di media sosial.

Maklum, selain berlatar belakang selebritis papan atas, sebelum menjadi orang nomor dua di KBB, Hengky Kurniawan juga memiliki rumah produksi (production house) sendiri dan juga seorang sutradara dan produser.

Tak heran ide-ide dan program-program kreatifnya yang kerap dibagikan di akun media sosialnya selalu disambut positif masyarakat KBB maupun netizen. Kali ini, Hengky membuat heboh dan menjadi perbincangan warga KBB karena ia mengunggah sebuah video yang berisi semangat dan harapannya di hari lahir KBB ke-13 yang jatuh pada 19 Juni kemarin.

Menariknya, dalam video tersebut Hengky yang mengenakan pakaian pangsi, baju adat sunda berwarna putih dan mengenakan iket kepala berwarna senada mengucapkan harapan-harapannya menggunakan bahasa Sunda secara full dari awal hingga akhir video.

Berlatar belakang Taman Pemkab Bandung Barat bertuliskan “Kantor Bupati Bandung Barat”, Hengky dengan fasih dan percaya diri berbicara dalam bahasa Sunda yang diiringi latar musik (backsound) kacapi dan suling khas Sunda sehingga membuat suasana video lebih syahdu dan terasa sangat “nyunda”.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan menyampaikan harapan dan doa untuk KBB yang berusia 13 tahun dalam bahasa Sunda (foto: tangkapan layar video instagram @hengkykurniawan)

Melalui video tersebut, Wabup KBB berparas ganteng itu seolah ingin membuktikan bahwa dirinya meski bukan lahir dan besar di Bandung Barat, namun kecintaannya terhadap Bandung Barat sangat besar. Salah satunya ia buktikan dengan belajar bahasa sunda secara otodidak.

Terlebih, Hengky beberapa kali “diserang” isu suku dan dianggap bukan orang Bandung Barat asli serta tidak bisa berbahasa Sunda. Namun, dalam waktu satu tahun ia membuktikan dirinya kini fasih berbahasa Sunda dan seringkali mengenakan pakaian dan berbahasa sunda dalam berbagai kegiatannya.

Hengky memulai videonya dengan menyapa warga Bandung Barat dengan mengucapkan salam dan diikuti sapaan khas Sunda, “sampurasun”. Berikut bahasa Sunda yang diucapkan Wabup KBB Hengky Kurniawan.

“Assalamu’alaikum. Sampurasun. Bapak, Ibu, Aa, Teteh, wargi Bandung Barat anu ku simkuring dipikahormat. Nembe lebet sejarah urang peringati milangkala KBB dina kaayaan pandemi covid-19,” ujar Hengky di awal video.

Meski HUT KBB ke-13 ini tidak dilaksanakan secara gebyar seperti biasanya, ia berharap hal itu tidak mengurangi rasa syukur kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Ia juga mengajak masyarakat tetap optimistis dan bersama-sama memerangi Covid-19 ini dan yakin pandemi ini akan segera berakhir serta kondisi kembali pulih seperti sedia kala.

“Helaran henteu tiasa dilaksanakeun. Mugi henteu ngirangan rasa syukur urang ka Allah SWT. Urang kedah yakin tur percanten di balik kasusah, pasti aya kabungah. Mugi-mugi situasi saeenggalna pulih deui, sareng mugi-mugi Bandung Barat langkung sae kapayunna,” tutur Hengky dengan fasih.

“Milangkala KBB anu ka-13 urang jantenkeun penguat tali silaturahmui, silih gotong royong ngabantu sasama, urang perangan ciovid-19 ieu sasarengan. Insya Allah urang bakal meunang. Dirgahayu Kabupaten Bandung Barat ka-13, Bandung Barat lumpaat, sagala aya sagala boga,” kata Hengky.

BACA JUGA :

Mau Nikah Usai Pandemi Covid-19? Hengky Kurniawan Siapkan Tiga Hadiah Istimewa, Syaratnya Unik

Waduh! Orang Penting Pemda KBB Diduga Terima Fee Rp 50 Juta dari Penjualan Kopi Sponsor HUT KBB

Kerjasama Pemda KBB dan Kejari Bale Bandung Dinilai Hanya untuk “Bekingi” Kepala Daerah dari Potensi Korupsi Dana Covid-19

HUT Bandung Barat ke-12 : Meriah, Mewah, Namun Minim Substansi

Kontan, “cariosan” atau perkataan Hengky dalam bahasa Sunda itu menuai pujian dan diapresiasi warga KBB maupun netizen pengikut akun instagramnya karena ucapan Bahasa Sunda Hengky dinilai sangat fasih dan halus.

Hal tersebut terlihat dari komentar warga Bandung Barat dan netizen pada kolom komentar akun Instagram @hengkykurniawan. Hingga Sabtu (20/6/2020) pagi, Video bahasa Sunda Hengky tersebut juga sudah ditonton lebih dari 32.460 kali.

“Subhanallah bahasa Sundana halus pisan Kang Hengky Kurniawan. Maju terus ah Pak Wabup, wilujeng milangkala KBB ke-13,” tulis akun @rikatresna.

Pujian senada juga diungkapkan warga lainnya. “Pak Wabup KBB, mani sae nyarios basa Sundana. Ada pepatah di mana kaki dipijak, di situ bumi dijunjung. Wilujeng Pak Wabup KBB,” kata akun @indragusdinar.

“Lancar pisan nyarios basa Sundana Pak Wabup Bandung Barat Hengky Kurniawan,” kata akun @fitria_siska28.

“Mantap Bapak tiasaan bahasa Sundana (mantap hebat bicara bahasa Sundanya),” tulis akun imaskarmini22 seraya menambahkan emoji jempol.

Netizen lain pun ikut mengucapkan selamat HUT KBB ke-13 kepada Hengky Kurniawan seraya memuji bahasa Sunda yang diucapkan Hengky Kurniawan.

“Ngiring reueus Pak Wabup nyarios ku Basa Sunda (ikut bangga Pak Wabup bicara pakai bahasa Sunda),” kata pemilik akun ilahnurlelah.

Netizen lain juga memberikan komentar senada. “Pinteran bahasa Sundana kang,” tulis akun @istiatiandayani.

Akun @pipit.puspita.35 juga memberikan komentar serupa. “Tos sabaraha lami kang Hengky tiasa bahasa Sunda? Hebat,” tulis akun tersebut seraya menambahkan emoji love.

Jatuh Cinta dan Ingin Memajukan KBB

Dalam sebuah wawancara dengan BandungKita.id, Wabup Hengky Kurniawan mengaku sudah sangat jatuh cinta dengan KBB bahkan sejak pertama kali datang di KBB. Hengky mengaku dirinya terus mempelajari kultur dan budaya masyarakat Bandung Barat serta membiasakan berbicara dengan bahasa Sunda dalam kegiatan sehari-hari.

Wakil Bupati (Wabup) KBB Hengky Kurniawan bersilaturahmi dan membagikan paket sembako kepada salah seorang warga KBB di kawasan Lembang, beberapa waktu lalu (foto: ig @hengkykurniawan)

Ia bertekad ingin berkontribusi dalam membangun dan memajukan KBB yang menurutnya memiliki semua potensi dan syarat untuk bisa maju ke depannya.

“KBB ini segala boga sagala aya. Semuanya ada di KBB. Tinggal bagaimana kita bisa mengelolanya. Saya berharap bisa ikut memajukan KBB dan mensejahterakan masyarakatnya. Saya memang bukan asli KBB, tapi kecintaan saya terhadap KBB sangat besar. Insya Allah saya pun kelak ingin menghabiskan sisa hidup saya di KBB,” ujar Hengky kepada BandungKita.id.

Hengky Sebut Abubakar Ayahanda dan Bapak Pembangunan

Hengky juga mengaku sangat menghormati para pendiri KBB termasuk mantan Bupati KBB H Abubakar (alm) dan tak akan melupakan jasa mereka. Sebab, menurutnya, tanpa jasa mereka KBB tak akan berada pada titik saat ini.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan saat menjenguk mendiang Abubakar, Bupati KBB pertama saat sedang sakit (foto:istimewa)

Hal itu ia buktikan dengan mengunjungi atau berziarah ke makam pendiri KBB, H Endang Anwar dan mantan Bupati KBB, H Abubakar yang meletakkan pondasi pemerintahan dan pembangunan di Bandung Barat.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan mencium tangan tokoh pendiri KBB (alm) H Endang Anwar. Hengky mengaku sangat menghormati dan tak akan melupakan jasa para pendiri KBB dan mantan Bupati KBB H Abubakar (foto:istimewa)

“Hormat saya kepada ayahanda H Endang Anwar, pendiri KBB dan ayahanda Bapak Abubakar, bapak pembangunan Bandung Barat. Semoga ayahanda khusnul khatimah dan mendapat terbaik di sisi Allah SWT. Dan kepada seluruh pendiri KBB jasa-jasamu akan selalu kami kenang,” ujar Wabup Hengky. (M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment