by

Oded Salat Iduladha di Masjid Raya Bandung, Yana Puji Pemotongan Hewan Kurban

BandungKita.id, BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M. Danial melaksanakan salat Iduladha di Masjid Raya Bandung, Jumat (31/7/2020). Ia mengajak serta keluarganya yang tinggal di Pendopo Kota Bandung.

Sejak pukul 06.00 WIB ia telah berada di tengah-tengah jemaat. Sebelum salat id dimulai, panitia melakukan imbauan dan sosialisasi agar jemaat tetap mengenakan masker selama salat dan menjaga jarak shaf agar sesuai protokol kesehatan.

Oded pun mengapresiasi upaya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung untuk menyelenggarakan salat id dengan tertib di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Saya menilai pelaksanaan salat id tadi di sini tertib dan bagus, jaga jarak dan menggunakan masker. Pada prinsipnya, jemaah sangat memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :

Jelang Idul Adha, Pemkot Bandung Teken Surat Edaran Protokol Kesehatan

Satpol PP: Penjual Hewan Kurban di Atas Trotoar Terancam Denda Rp 1 Juta

Satgas Kurban Kota Bandung Temukan Banyak Hewan Dibawah Umur Dijual Murah

Oded merasa penyelenggaraan salat id kali ini penuh dengan kehati-hatian. Ia ingin memberikan kesempatan umat Muslim untuk beribadah namun tidak ingin ada penambahan kasus penularan Covid-19 di Kota Bandung.

“Saya sangat memahami bagaimana perasaan umat Islam terutama secara akidah mereka sangat merindukan melaksanakan ibadah tahunan. Sehingga saya ingin memastikan kepada masyarakat, ketika mereka rindu untuk beribadah,” ujar Oded.

Ia pun mengimbau warga agar tetap disiplin menjaga diri dari paparan virus corona, terutama saat melaksanakan kurban di lingkungan masing-masing.

“Pemkot Bandung menyerahkan kepada masyarakat, mau dipotong dimanapun silahkan. Dengan catatan protokol kesehatan dilakukan. Termasuk ketika sudah memotong daging, saya harus membersihkan diri dan peralatan dan jangan saling meminjam,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi panitia salat Iduladha dan penyembelihan kurban yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melaksanakan salat Iduladha di Lapang KPAD Kecamatan Sukasari, Jumat (31/7/2020). (Humas Pemkot Bandung)

“Bagus, jelas untuk physical distancingnya dan tertib,” ujar Yana usai melaksanakan salat Iduladha di Lapang KPAD Kecamatan Sukasari, Jumat 31 Juli 2020.

Ia salat di lapangan KPAD bersama dengan sang istri, Yunimar Mulyana. Usai melaksanakan salat, Yana pun meninjau pelaksanaan kurban di kawasan KPAD tepatnya di Masjid At – Atqwa.

Menurutnya, panitia Iduladha sudah sangat baik melaksanakan protokol kesehatan. Mulai dari memasuki lapang, dicek suhu tubuh dan diwajibkan menggunakan masker. Tak hanya itu, jarak antar shaf pun sesuai aturan.

BACA JUGA :

Serukan Bersepeda dan Tertib Lalu Lintas, Yana: Aku Marah Kalau Kamu Terobos Lampu Merah

Hewan Kurban Menangis Ketika Disembelih? Ini Penjelasannya Ilmiahnya

Hari Raya Iduladha : Ini Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Sedangkan saat penyembelihan hewan kurban, panitia juga menerapkan jaga jarak, mengenakan masker, dan menggunakan alat potong masing-masing.

“Pemotongan hewan kurbannya juga menggunakan standar protokol kesehatan,” puji Yana.

Di luar itu, Yana menyarankan kepada para mustahik untuk tetap diam di rumah menunggu kiriman dari panitia.

“Bagi para mustahik tunggu saja di rumah karena insyaallah yang jadi haknya akan diantarkan oleh petugas,” ujar Yana. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemkot Bandung

Comment