by

Hari Raya Iduladha : Ini Ciri Hewan Kurban yang Sehat

BandungKita.id, BANDUNG – Hari Raya Iduladha tinggal menghitung hari. Bagi anda yang hendak berkurban, pastikan bahwa hewan tersebut dalam memiliki kualitas bagus dan sehat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gingin Ginanjar menjelaskan ciri-ciri hewan kurban sehat dapat dilihat dari dua sisi.

Pertama sebelum disembelih dan kedua pasca disembelih. Gingin mengatakan. Sebelum disembelih hewan kurban yang sehat terlihat dari ciri-ciri fisiknya.

“Dari tampilan fisik dia kelihatan sehat kemudian yang mudah itu, matanya jernih, hidung basah cenderung lembab, dan dari kotornya juga secara fisik bisa dilihat,” kata Gingin di Balai Kota Bandung, Senin (29/7/2019).

Baca juga:

BEM-SI Minta Pemerintah Tegas Tangani Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

 

Adapun pasca disembelih, kata Gingin hewan kurban yang sehat tampak dari dagingnya berwarna merah dan berbau khas sapi dan domba serta tidak mengandung cacing dan benda yang menyebabkan penyakit.

“Yang biasanya banyak ditemukan yakni cacing hati tapi kalau hatinya terkena, hal itu tidak mempengaruhi kualitas daging,” kata Gingin.

Selain itu, yang perlu diperhatikan, selain fisik dari hewan kurban yakni kebersihan kandang. Salah satu indikator seekor sapi dinyatakan sehat adalah kandang yang layak.

“Sapi sehat itu ada persyaratan, misalnya kandangnya harus tertutup, minum makan tersedia kemudian pakai alasnya jadi tidak menimbulkan kotor dan bau,” kata Gingin.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Comment