by

Akibat Hoaks Obat Covid-19 di Youtube Anji, Hadi Pranoto Diperiksa Polisi

BandungKita.id, SELEB – Terkait kasus video obat herbal yang dipublikasikan di akun Youtube Anji, pihak kepolisian akan memanggil Hadi Pranoto sebagai terlapor pada Kamis (13/8).

“Iya Hadi akan kami panggil hari Kamis,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus seperti dikutip BandungKita.id dari CNN, Rabu (12/8).

Selain Hadi, Yusri mengatakan pihaknya juga akan menghadirkan saksi ahli seperti, saksi ahli di Bidang Informasi dan Teknologi (IT) hingga saksi ahli di bidang penelitian obat.

Adapun pemanggilan Hadi kali ini untuk memberikan klarifikasi atas tuduhan menyebarkan berita bohong yang dilayangkan oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

BACA JUGA :

Siapa YouTuber Nomor Satu di Indonesia? Tengok Penghasilan Mereka yang Bikin Melongo

Baim Wong Sedekah Dijadikan Konten Youtube, Begini Hukumnya Kata Ustadz Abdul Somad

Anji Sebut Alip Ba Ta Gitaris Terhebat, Gitaris ini Marah dan Tidak Terima

Diketahui, Muannas telah membuat Laporan Polisi (LP) dengan register LP/4358/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tertanggal 3 Agustus 2020.

Hadi Pranoto dilaporkan terkait dugaan penyebaran kabar bohong pada Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Tahun 1946. Lalu, ia menuding Anji dan Hadi melanggar Pasal 28 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebelumnya musisi sekaligus youtuber, Erdian Aji Prihartanto alias Anji telah memenuhi panggilan kepolisian pada Senin (10/8) untuk diperiksa. Kurang lebih 10 jam, Anji dicecar banyak pertanyaan oleh pihak kepolisian.

Karena laporan itu, Muannas Alaidid dilaporkan balik oleh Hadi dengan dugaan pelanggaran UU ITE ke kepolisian dan menggugatnya secara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Hadi menilai Muannas telah keliru memahami pernyataan dirinya soal obat herbal Covid-19 dalam video Anji, itu semua ia sampaikan dalam gugatannya.

Sementara itu, Anji mengklarifikasi soal polemik klaim obat COVID-19 yang dibuat Hadi Pranoto. Anji mengaku kaget ada beberapa pernyataan Hadi Pranoto yang dianggapnya tidak valid.

“Lalu soal status dan kredibilitas Pak Hadi Pranoto yang dipertanyakan oleh banyak orang itu juga saya tanyakan dalam video tersebut di menit 4.39 dan 8.27,” kata Anji dalam akun YouTube-nya, Kamis (6/8/2020). (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment