by

Waduh! Sebanyak 462 Remaja di Kabupaten Bandung Ajukan Nikah Dini

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Di Kabupaten Bandung, ratusan remaja mengajukan dispensasi nikah. Humas Pengadilan Agama Soreang, Suharja mengungkapkan soal membludaknya perkara permohonan dispensasi nikah ini.

Hal itu dikarenakan Peraturan Mahkamah Agung yang terakhir terkait dispensasi nikah. Dimana, ada perubahan dalam Undang-Undang Perkawinan.

“Untuk usia perempuan menjadi 19 tahun. Sehingga, dispensasi nikah di Pengadilan Agama Soreang, yang membawahi wilayah yurisdiksi Kabupaten Bandung banyak sekali,” ungkap Suharja di Soreang, Kamis (27/8/2020).

“Jadi, orang yang menjalani pernikahan dibawah umur banyak sekali. Dari Januari sampai sekarang ada 462 permohonan dispensasi,” sebutnya.

BACA JUGA :

Viral! Antrian Panjang Permohonan Cerai di Pengadilan Agama Soreang, Bagaimana Bisa?

Viral! Janda Muda di KBB Jual Rumahnya dan Siap Dinikahi, Anda Berminat?

Mau Nikah Usai Pandemi Covid-19? Hengky Kurniawan Siapkan Tiga Hadiah Istimewa, Syaratnya Unik

Namun demikian, pihaknya menyatakan, sudah melakukan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya nikah dini.

Pertama, membekali remaja dengan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja, seperti dampak dari nikah muda.

Kedua, membentuk kelompok remaja seperti bina keluarga remaja. Ketiga, menjalin koordinasi lintas sektor, karena masalah pernikahan muda tidak hanya menjadi tugas DP2KBP3A. Tapi juga ada keterlibatan Kemenag, unsur kecamatan hingga desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung, Muhamad Hairun membenarkan Kabupaten Bandung memiliki tingkat pernikahan dini yang cukup tinggi.

Jumlah penduduk Kabupaten Bandung yang mencapai 3,7 juta jiwa. Dari angka itu, 30 persen warga merupakan anak remaja.

“Biasanya, keinginan untuk menikah datang dari pasangannya sendiri hingga keluarga,” ungkap Hairun seperti dikutip BandungKita.id dari Radar Bandung. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment