by

Kang DS Segera Launching Program Insentif Bagi Para Guru Ngaji dan Ustadz Se-Kabupaten Bandung, Ini Besarannya

Anggaran Sebesar Rp 100 Miliar Siap Digelontorkan

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna dalam waktu dekat akan segera melaunching program pemberian insentif bagi para guru ngaji, ustadz dan ustadzah se-Kabupaten Bandung.

Tak tanggung-tanggung, anggaran sebesar Rp 100 miliar per tahun siap digelontorkan Bupati Dadang Supriatna untuk insentif para guru ngaji, ustadz dan ustadzah tersebut. Bupati menegaskan pihaknya tengah memperjuangkan agar anggaran tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Menurutnya, angka sebesar itu sangat pantas diberikan kepada mereka yang selama ini ikhlas mewakafkan hidupnya untuk mengajarkan ilmu agama di lingkungannya masing-masing.

“Kami berkomitmen untuk memberikan apresiasi dan perhatian pada mereka insan-insan mulia yang berjasa bagi daerah ini. Mereka pahlawan sejati yang tidak tersorot lampu kamera berita. Saat ini kami tengah melakukan pendataan guru ngaji se-Kabupaten Bandung sebagai langkah awal persiapan untuk dijadikan rujukan dan dimasukkan dalam RPJMD Bandung Bedas,” kata Bupati Dadang Supriatna melalui keterangan resmi kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mengakui saat ini kesejahteraan para guru ngaji yang jumlahnya lebih dari 16 ribu orang itu kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Pemkab Bandung di bawah Bupati DS sangat berkepentingan memperhatikan kesejahteraan para ustadz dan ustadzah. Pasalnya, kata Kang DS, mereka adalah salah satu pencetak generasi muslim yang berkarakter dan islami sehingga kesejahteraannya harus diperhatikan.⁣

⁣”Saya juga adalah produk pendidikan diniyah dan pesantren. Mereka tanpa pamrih mendidik putra-putri kita di pengajian, tapi kadang kita sering lupa tidak memperhatikan kesejahteraan mereka,” ujar Kang DS sambil tersenyum.⁣

BACA JUGA :

Bupati Bandung Dadang Supriatna : Insentif Guru Ngaji dan Bantuan Rp 60 Juta per RW Segera Berjalan

Bedas Janjikan Insentif Guru Ngaji dan Ustadz Rp 500 Ribu per Bulan Plus BPJS Gratis⁣

Ada 11 Nama Pelamar Sekda Kabupaten Bandung, Mayoritas Mantan Pejabat Kepercayaan Bupati Dadang Naser

Diplomasi Gepuk Rumdin Bupati DS Versus Jurus “Gebuk” Ala Nasdem Kabupaten Bandung



Berdasarkan perhitungannya, para guru ngaji dan ustadz serta ustadzah di Kabupaten Bandung setidaknya bisa memperoleh insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan include fasilitas BPJS gratis untuk 4 orang per keluarga.

Menurutnya, program tersebut sangat rasional dan sangat mungkin untuk diwujudkan. Sebab, kata dia, pihaknya telah menghitung kebutuhan anggaran tersebut dan disesuaikan dengan kemampuan APBD Kabupaten Bandung.⁣

“Kami telah hitung, anggarannya sangat mencukupi. Kami sangat prihatin ketika misalnya para ustadz ini sakit. Rata-rata mereka tidak punya BPJS. Apalagi insentifnya juga sangat kecil. Insya Allah kami akan tingkatkan menjadi Rp 500 ribu per bulan,” kata Kang DS.

Selain memperjuangkan insentif untuk guru ngaji dan para ustadz tersebut, RPJMD tersebut akan mengadopsi semua hal yang menjadi janji politik Bupati Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Sahrul Gunawan yang disampaikan pada Pilbup Bandung 2020 lalu.(M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment