by

Waduh! Ratusan Pasar Modern di KBB Tak Kantongi Izin, Pemkab Bandung Barat Berani Moratorium?

BandungKita.id, KBB – Polemik soal perizinan pasar di Kabupaten Bandung Barat terus bergulir. Pasalnya, dari 301 pasar modern hanya 60 pasar modern yang baru mengantongi izin sesuai persyaratan.

Lebih dari 240 pasar modern dan minimarket sama sekali tak memiliki izin alias ilegal. Beranikah Pemkab Bandung Barat menutup minimarket dan pasar modern ilegal tersebut atau sekedar moratorium?

“Baru 60 pasar modern, awalnya kan 30,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ricky Riyadi kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Ricky menyebut, perizinan tersebut telah sampai ke Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Sementara, yang lainnya masih dalam proses.

“Itu karena ada itikad baik dari pengusaha toko modern untuk menyelesaikan perizinan,” sebutnya.

Ricky mengaku, pihaknya mengalami berbagai kendala di lapangan, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang harus sesuai syarat yang berkaitan dengan perizinan ke dinas terkait.

Disinggung soal wacana moratorium, Ricky mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan SKPD terkait.

“Tapi secara prinsip saya menyetujui (moratorium) untuk wilayah kecamatan tertentu yang sudah padat,” ujarnya.

“Itu memang sudah sedemikian banyaknya dan harus menjadi keputusan kolektif dengan beberapa SKPD terkait,” sambungnya.

Ricky menambahkan, wilayah dengan jumlah toko modern yang belum berizin terbanyak, antara lain Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Batujajar dan Lembang. (Agus S/ BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment