by

Dalam Sepekan, Terdapat 10 Bencana di Kabupaten Bandung Barat

BandungKita.id, KBB – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mencatat ada 10 peristiwa bencana alam dalam sepekan terakhir. Bencana alam tersebut rata-rata terjadi di wilayah utara KBB.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, bencana alam tersebut terjadi di empat kecamatan. Rata-rata didominasi longsor diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data terakhir, sambungnya peristiwa bencana alam tersebut berlangsung pada tanggal 13-14 November 2021. Adapun desa yang terdampak yakni Jayagiri, Lembang, Kayu Ambon, Tugumukti, Kertawangi, Situwangi dan Bojongkoneng.

“Empat kecamatan, yakni Lembang, Cisarua, Cihampelas dan Ngamprah,” katanya, Senin (15/11/2021).

Dalam peristiwa tersebut sedikitnya merusak tujuh rumah warga dan sisanya tercancam rusak. Tak hanya, pada hujan deras yang terjadi Sabtu (13/11/2021) mengakibatkan lokasi longsoran di Alam Sejuk Jalan Kolonel Masturi mengalami keretakan di atas longsoran sebelumnya.

Baca Juga

Waduh! KBB Siaga Bencana

Pemkab Bandung Barat Siapkan Skema Relokasi Warga Lembang, Ada Apa?

“Sebanyak empat rumah rusak berat, satu rumah rusak sedang, dua rumah rusak ringan dan 16 rumah terancam. Kemarin Jalan Kolmas sempat ditutup sementara saat kondisi hujan, namun sudah dibuka kembali,” ucapnya.

Ia menyebutkan, agar tidak memakan korban jiwa pihaknya akan menutup sejumlah titik retakan tersebut dengan terpal. Hal ini juga untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

“Untuk pengguna jalan, kami mengimbau untuk hati-hati, terutama untuk kendaraan besar karena dikhawatirkan getarannya akan memicu terjadinya longsoran,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment